16 August 2012

Perayaan Waisak di Borobudur

Yak, mungkin tema postingan gw kali ini udah telat banget yaa, tapi ga papalah.. mendingan telat daripada gak telat #krik

Jadi, kali ini gw bakal berkisah #halah #oposih tentang Perayaan waisak yang di Borobudur kemaren waktu berangkat Jogja Trip sendirian, jadi anak ilang di kota orang, huehehe..

Jadi, gara-gara entah gimana gw sampe ke suatu blog orang, yg gw bahkan udah lupa itu blognya siapa, emm siapapun eloh gueh berterimahkasihh bangeth eaah.. Di blog tersebut dia nampilin foto2 banyak banget lampion yang dilepas ke langit luas pas malem hari, itu mengingatkan gw ke salah satu scene di film Tangled, baguuuus banget (lampionnya, bukan filmnya)

Singkat cerita seperti yang tertuang di postingan Jogja Trip, sampe lah gw di Borobudur sekitar jam 9an, waktu itu puanaseee amit2, langsung gw muter2 Candi Borobudur bentar, foto2 dan menuju pusat Candi Borobudur di paling atas..
 
Lagi banyak pengunjung rombongan2 sekolahan juga pas gw kesana, tapi mereka nggak sampe malem, cuma beberapa jam aja..


Obor yang bakal dipake buat acara nanti malem..

Semacam tempat obor juga

Masih tempat obor


Masih, obor yang udah dikasih sumbu, sekelilingnya nanti bakal disiram pake minyak tanah
Ukiran yang ada di tiang obornya

Di beberapa patung di dalem candi, banyak yang kepalanya hilang, padahal seharusnya ini ada kepalanya, yang gw heran adalah gimana cara ngambilnya, soalnya kan patung ini juga ditutupin sama ukiran batu yang gede


Sampe atas, mataharinya makin terik, panas banget, untung gw udah sempet sarapan :p Diatas, pemandangan yang gw lihat adalah seperti ini:

Prosesi upacara doa2 saat Detik-Detik Waisak

Pemimpin doa memercikan air yang sebelumnya sudah didoakan sebagai wujud berkat melimpah yang dibagi-bagikan




Suasana yang gw rasain waktu ibadah di Detik-detik Waisak itu.. gimana ya.. Terik matahari yang panas, ketika mereka membacakan doa2 mereka yang dipimpin biksunya, di kanan-kiri lo terlihat dari yang anak kecil sampe yang orang tua menempelkan kedua tangan mereka, menutup mata dan berdoa, ketika ada untuk beberapa saat ada suatu momen yang rasanya sunyi, bahkan gak ada suara jepretan kamera, terus lo liat orang2 ini dan lo liat pusat Candi Borobudur, gw waktu itu antara terharu, dan.. gak ngerti gw gimana membahasakannya..

Mm, tambahan info aja, jadi Detik2 Perayaan Waisak atau Detik2 Waisak ini jatuh pada saat kemunculan bulan Purnama, perhitungannya ya berdasarkan perhitungan astronomi, mungkin seperti kalo penentuan Lebaran dengan melihat Hilal ya, CMIIW :)

Perayaan Waisak, yang jatuh pada bulan Mei saat purnama, ini pun memiliki 3 arti, yaitu:
1. Lahirnya Pangeran Siddharta Gautama
2. Pangeran Siddharta mencapai Penerangan Agung pada usianya yang ke-35 tahun
3.  Buddha Gautama meninggal pada usianya yang ke 80

Maka dari itu, Hari Raya Waisak disebut juga dengan Trisuci Waisak, sedangkan arti kata Waisak sendiri adalah nama bulan (seperti januari, februari, etc) dalam penanggalan India Kuno.

Balik lagi ke Perayaan Waisak di Borobudur, setelah Upacara Detik2 Waisak tadi, sempat ada jeda kurang lebih sampe jam 3-4 sore, lumayan berlumut lah gw, ditambah lagi pake ada acara ujan segala. Apa boleh buat, yang gw lakukan cuma bolak balik nyari makanan dan toilet, sama duduk di suatu pendopo sambil ngobrol2.

Oiya, gw juga sempet liat-liat di Museum yang ada di dalem komplek Candi Borobudur..
Yak, inilah Galeri Unik & Seni Borobudur

Patung Buddha terkecil (yang emas di tengah2 itu), itu  aja udah diliat pake kaca pembesar

Entah lukisannya siapa, tapi gw seneng aja liatnya

Entah lukisannya siapa, gw lebih seneng lagi liat lukisan yang ini

Ehehe, mungkin kalo Monalisa mangkal di Taman Lawang jadinya kaya gini

Patung Buddha, wait.. what?? Liat baik2 itu wajah siapa? ^^

Merk/logo barang2 jaman dulu



Menjelang sore, datanglah rombongan Kirab, waktu itu cuaca lagi hujan, gak terlalu deres, tapi cukup bikin basah. Jadilah gw yang dengan pedenya tadi pagi berangkat gak bawa payung, nekat ujan2an biar bisa nonton iring2an itu. Sebenernya sih di pintu masuk kayanya ada yang jual jas ujan, soalnya para rombongan dan banyak penonton yang laen pada pake jas ujan, tapi mengingat ke pintu masuk tadi agak jauh, dan gw males, gw lebih memilih untuk basah2an. Wes, sak karepmuu..

Pake jas ujan, kasian..



Setelah menonton iring2an yang menuju panggung besar di dekat candi, mereka pun mengadakan prosesi doa2 di sana. adanya hujan membuat panitia agak sedikit ribet, mengingat panggung dialasi karpet flanel, dan berada di ruang terbuka. Setelah prosesi doa tersebut, para bikhu pun turun lalu, menyiram sebuah patung Buddha kecil yang ada di tengah2 pancuran batu dengan air dan beberapa macam kembang menggunakan gayung batok kelapa.
Patung Buddha, versi ukuran mini ^^

Biksu menyirami Patung Buddha tersebut, sebagai simbolisasi kelahiran Buddha, seperti memandikan bayo yang baru lahir :)

Parade kamera, orang2 ini lagi motret2in para bikhu, bikhuni, biksu, dan orang2 yang menyiram Patung Buddha tadi seraya berdoa
 Setelah panggung kosong, pemandangan para bikhu yang sedang berdoa diganti dengan para pengunjung yang berdoa di depan patung Buddha yang dikelilingi dengan rupa2 pelengkap. Setelah agak lama, pemandangan tersebut juga berganti menjadi pemandangan para pengunjung yang hanya sekedar ingin berfoto2 disana
Mejeng dulu lah gw, itu gw nyeker karena panggung tersebut, walaupun basah, nantinya akan digunakan untuk para bikhu, bikhuni, biksu, dan para panitia untuk prosesi doa sebelum pelepasan lampion malam nanti.

yak, ini bukan efek kamera atau apapun sehingga membuat Patung Buddha ini terlihat meradiasikan cahaya, tapi karena lensa kameranya basah, lalu gw lep, dan masih ada sisa aer, terus gw pake motret

Sebagian orang yang berdoa di depan Patung Buddha :')
Setelah itu, gw kembali tersedot ke dalam zona #krik #krik momen. Yaitu dimana rangkaian acara sedang mengalami jeda, dan gw bingung mondar-mandir gak jelas, ujan pula. Beruntung gw bareng sama Lizz. Dia berencana mau beli lampion buat acara Pelepasan Lampion ntar malem, ikutlah gw ke sana..

Di sana disediain tenda yang menyediakan lampion kertas dan lilin dalam gelas yang bisa 'dibeli' bagi yang ingin ikut merasakan menerbangkan lampionnya sendiri atau ingin membeli lilin dan ikut rombongan para bikhu, bikhuni, dan biksu yang akan mengelilingi Candi Borobudur malam nanti. Untuk sebuah Lampion, dilepas dengan harga 100rb rupiah, lampion ini bis adibeli secara individu, ata boleh juga patungan beramai2, begitu juga dengan lilin yang harganya 200rb. Nantinya uang ini akan digunakan untuk aksi kemanusiaan.

Dan yak, sampailah ke acara yang gw tunggu2, pelepasan lampion. Setelah gw nunggu lacara doa2 dan beberapa kata sambutan selesai, gw liat juga acara pelepasan lampion. Sayangnya, begonya gw waktu itu terlalu banyak memforsir motret2 siang hari, jadi pas acara lampion ini gw gak dapet banyak foto :'|
Orang2 yang pada nunggu acara pelepasan lampion, udah kaya orang nonton konser, ruameee

The Majestic Candi Borobudur

Memutari Candi Borobudur, sambil berdoa. Megahnya Candi Borobudur+Doa2 yg diputar keras menggema+Lilin2 yang dibawa orang2 mengitari Candi= pengen nangis, rasanya semua keliatan megaaah banget, dan gw nggak ada apa2nya

Menyalakan lampion

Lampion2 yang udah mulai berterbangan
Lampionnya berhasil nyalaaaa, yeeey ^^


Gak tau, gimana caranya menggambarkan perasaan gw waktu liat pemandangan ini, kagum kagum kagum..
Categories: , , ,

3 comments: