18 May 2012

The People I Met :) - Jogja Trip

Masih tentang trip gw ke Jogja beberapa minggu lalu..

Pengen cerita tentang orang2 yg akhirnya gw kenal, yang gw temuin di Jogja kemaren selama nge-trip disana..
Secara kemaren itu gw berangkat sendirian..

Pertama dateng, dianter tukang ojek dari Lempuyangan, gw menuju ke daerah Malioboro, spesifiknya sih ke Sosorowijayan. Hasil browsing mengatakan kalo Sosrowijayan, Dagen dan sekitarnya punya banyak penginapan murah, dan emang tempat nginepnya backpacker dari luar negeri..

Sampe Sosrowijayan gw sotoy aja masuk2 gang, nanya2.. Dan yah, seperti biasa, lokasi turis gitu, pasti semua orangnya 'ngobyek' dong ya. Jadi gw bareng sama si Mas..... eerrrr... Mas...gw gak tau namanya, hahaha. Sebut saja Mas Gondrong, emang gondrong soalnya.

1. MAS GONDRONG
Sama si Mas gondrong itu gw dianterin ke beberapa penginapan/losmen, yang bentuknya kayak rumah yang kamar2nya di sewain. Murah sih, harganya kemaren gw dapetnya kisaran 60-90, itu kamarnya rata2 isi kasur yg bisa buat berdua, lemari sama meja, kamar mandi ada yang di dalem, ada juga yang di luar. Kamar mandi luar sih pasti lebih murah. Cuma karena pas gw dateng itu masih pagi, dan emang lagi rame juga, kamar yang tadinya mo gw sewa, belum kosong. Bule nya belum check-out. Jadilah aing ngobrol sama mas2 tersebut. Sampe akhirnya gw makan Soto bareng. Dan pas gw mau bayar, kata mas gondrong "Hahaha, gak usah, gak papa, mbak. Welcome to Jogja" Mungkin si mas ini terpesona liat keanggunan ke-gembel-an gw. Dan gw tetep kagak bayar Soto, walopun gw gak jadi nginep di losmennya dia, dikarenakan bulenya gak checkout2 setelah gw nunggu sejam. Males juga kan.

2. MAS GANANG
Akhirnya gw nginep di EDU Hostel, di jalan Suprapto. Jadi, Edu Hostel kayak dorm2 backpacker gitu. Sekamar ada 6 bed (3 bed susun), 1 kamar mandi, 1 toilet yg isinya closet doang, sama locker buat nyimpen barang dan FREE Breakfast.. Enak sih kamarnya kalo gw bilang, tarifnya 70 ribu/bed/malam.

Jadi Mas Ganang adalah salah 1 petugas di hostel ini. Pertama ketemu waktu gw mau naek ke Rooftop buat foto2. Di tangganya emang tulisannya gak boleh naek, karena sebenernya lokasi ini cuma dibuka pas lagi jam sarapan aja. Tapi akhirnya setelah pura2 gak tau, gw nyelonong naek si Mas Ganangnya bilang "Sebenernya sih gak boleh naek, tapi jangan bilang2 ya kalo sy bolehin naek.." dalem hati gw Ya emang gw mau bilang2 sama siapa jugaaa~

3 hari nginep disana cukup bikin gw kenal dan sering ngobrol2 sama si Mas Ganang ini. Keren sih, dia banyak cerita tentang macem2 usaha yang udah dia jalanin, trip2nya dia, udah kemana aja, ya seputar travelling juga siih..

3. LISA WONG
Lisa ini adalah orang pertama yg gw temuin, dan yang pertama gw ajak ngobrol begitu gw masuk kamar hostel, ya karena pas itu di kamar cuma ada dia doang. Tadinya gw kira dia bukan orang luar, dan dengan sotoy dan sok akrabnya gw langsung nanya "Udah berapa hari nginep di sini? Apa baru dateng juga?" terus dia mlongo, gw kirain dia nggak denger, gw ulanglah pertanyaan tadi "Udah berapa hari nginep di sini?". Lalu dia menjawab "I'm sorry, I don't undestand", sekarag gantian gw yang cengo. Oh men, gw sekamar, dan gw harus ngobrol pake Bahasa Inggris gw yang berantakan ini...
Selidik punya selidik, ternyata doi dari Hongkong, bekerja di perusahaan Jepang, dan udah kemana2. Jadilah dia fasih berbahasa Inggris, Mandarin, dan Jepang. Gw?? :p

Tapi ternyata not baaad. Dalam 3 hari per-kamar-an gw sama Lisa, gw mulai akrab, bahkan udah bisa ngakak bareng. Terakhir sebelum gw balik, karena gw balik lebih duluan daripada dia, kita tukeran alamat email, dan sampe sekarang kadang masih suka email2an :)

4. MUTI dan LISA
Gak tau kenapa, liburan gw dipenuhi dengan orang2 bernama Lisa. Nah, Muti dan Lisa ini dateng sorenya, di hari yang sama dengan gw. Mereka dari Jakarta. Gak tau gimana, gw bisa langsung akrap sama Muti dan Lisa ini. Asihk sih orangnya, agak2 sarap juga, hahaha.. Gw sekamar sama mereka cuma sehari, karena besoknya mereka cabut buat lanjut nginep di daerah Borobudur. Padahal gw banyak ngobrol sama mereka, tapi ya itu tadi.. karena langsung akrab malah jadi gak sempet nanya latar belakang masing2, hahaha..

5. MBAK2-CANTIK-DARI-CANADA-YANG-GW-LUPA-NAMANYA
Si mbak2 ini dateng besok siangnya, hariii.... Sabtu siang, karena kesalahan komunikasi, dia ngira dia di tempatkan di bed nomer 1, dimana disitu adalah bednya si Lisa. Setelah diliat2 lagi, ternyata dia salah baca.. tapi sebelum menyadari kekhilafan ke-salah baca-an nya itu, dia udah keburu pindah kamar..

6. LIZZ
Lizz ini dateng pagi2 banget, hari Sabtu. Sempet kebangun sih gw, dia dateng kira2 jam setengah 8 pagi, saat kamar masih gelap. Lisa W belum bangun, gw Muti Lisa apa lagi, soalnya kita pulang malem banget, gak nongkrong bareng sih tapi jam ulang gw ama mereka selisih 10 menitan doang, dan kita baru mulai tidur jam 2an. Pertama gw tanya dari mana asalnya, dia jawab dari Bali. Tapi setelah ngobrol, gw gak merasa Lizz berlogat seperti orang Bali. Setelah kenal dan banyak ngobrol. DIa emang bukan berasal dari Bali, tapi kemaren dia berangkat ke Jogja itu dari Bali. Bingung? Gw juga

Aslinya Lizz orang Medan. Beda 6 taun lebih tua dari gw, yang mana perbedaan tersebut nggak keliatan, kalo dia ngaku anak kuliahan gw juga masih percaya. Pada akhirnya, Gw ke Borobudurnya bareng dia. Setelah kenal lebih jauh juga, ternyata Lizz selain dateng nonton Perayaan Waisak di Borobudur, dia juga merayakan Waisak. Seneng juga, gw jadi tambah pengetahuan, dia cerita2 tentang esensi Perayaan Waisak itu, apa2 aja yang harus disiapin, gimana sebenernya arti2 dari tiap ritual tadi. Seru lah..

Gw, Lisa dan Lizz :)


7. PAK HARRY
Kenal Pak Harry ini dari Lizz. Pada awlanya si Lizz emang udah janjian sama Pak Harry buat minta anterin ke Borobudur. Tapi karena gw sotoy dan masih bingung gimana balik dari Borobudurnya, gw memutuskan untuk ikut gabung sama Lizz dan Pak Harry. Jadilah kita ke sana bertiga naek motor. NGGAK! Gw gak bonceng tiga. Pak Harry sama Lizz, gw..... emm.... gw... sendiri, naek motor pulang-pergi Jogja-Borobudur. #ForeverAlone banget sih gw :'|

Ternyataaaa, Pak Harry yang gw kenal ini adalah penulis buku judulnya The Becak Way, dan termasuk orang kondang. Pak Harry ini juga udah sering tampil di acara2 tivi, bahkan kemaren beliau sempet masuk nominasi Seputar Indonesia Award, di kategori Transformator Sosial, nominasi yang sama dengan Bapak Anies Baswedan. Pantesan selama di Borobudur lumayan sering sih papasan sama orang yang senyam-senyum sama beliau. Hahaha, ternyata gw jalan sama orang kondang :)

Btw kalo mo follow twitternya monggo>> @Harryvanyogya
Gw sama Pak Harry :)


8. TEMEN SMP GW = TOUR GUIDE PRIBADI GUWEEH~
Setelah gw ijin mamake mau ke Jogja, mamake bilang, "Yaudah nanti kamu disana sambil ketemuan aja sama Rio sambil itung2 reunian. Ntar Bun mintain nomernya ke mamanya Rio yaa..", kenapa mamake bisa kenal Rio? jadi Rio adalah anak temen kantornya bapake pas di Tulungagung, dan kita satu SMP. Pas mamake bilang gitu, gw sih iya2 aja, padahal dalem hati bingung, lah dulu jaman SMP aja gw gak pernah ngobrol sama orangnya, sekarang malah suruh ketemu.. gak lucu banget ntar kalo malah jadinya salah tingkah bareng2  :p

Akhirnya, setelah mamake ngasih nomer Rio ke gw, mamanya Rio ngasih nomer gw ke dia, sms-an lah kita, dan gw ketemuan juga sama si Rio ini. 6 taun bikin dia jadi gemukan, tapi masih kayak dulu sih. Gak tau dia yang jadi cerewet atau aslinya emang beneran cerewet, karena bahkan 6 taun lalu gw gak pernah ngobrol sama dia. Kita ketemuan jumat malem. Jadilah kita muter2 Jogja, mulai dari jalanan2 di Jogja, muterin UGM (yang mana membangkitkan kembali keinginan gw buat kuliah disana, deeemmm!), makan di..... gak tau gw udah lupa daerah mana, deket kos2an anak UGM lah pokoknya. Terus ke alun2.... errr... alun2... utara apa selatan.. gw lupa, naek sepeda2 yang ada lampunya ituu, nonton orang2 yang kayaknya rombongan tour, yang ditutup matanya dan nyoba lewat di antara 2 pohon beringin di tengah alun2 itu. Sampe akhirnya gak tau mau kemana lagi, dan nongkrong2 di Malioboro,foto2,  ngobrol2 ampe malem, nontonin orang yang pada nongkrong di sana jugaa..
wajah disamarkan, guna melindungi identitas temen gw yg ganteng ini :p
 Kalo ditanya, kapan gw kenal Rio, jawabannya bukan pas SMP, tapi kemaren pas di Jogja. Jadi bukan reuni ya kemaren namanya, hahaha.. :p

Emm sebenernya bukan cuma ketemu orang2 ini aja. Kemaren banyak ketemu mas2 angkringan, satpam hostel, ibu2 pedagang di Malioboro, dan banyak lagi, tapii... ya orang2 yang gw ceritain ini lah yang banyak berinteraksi sama gw selama di Jogja..

Soooo... Goal gw pada trip kali ini tercapai!! Berangkat dengan banyak ketidaktahuan, pulang dengan beberapa teman baru dan banyak pengetahuan baru :D
Categories: , , ,

1 comment: