01 November 2012

Masangin

Masangin ini adalah suatu, emm, permainan? yah, semacam itulah..
Buat yang udah pernah ke Jogja, biasanya pasti tau tentang permainan ini, mungkin nama 'Masangin'nya aja yang kurang familiar..
Jadii, di alun-alun selatan Kraton Jogja, di tengah-tengahnya kan ada 2 pohon beringin tuh, mitosnya, siapa yang bisa jalan dari ujung luar (dari pinggir alun2) dan tetap lurus hingga lewat di tengah-tengah antara 2 pohon beringin tersebut akan mendapat keberuntungan, ada yang bilang jodoh, harta, atau hal-hal baik lainnya.
foto diambil dari: shalluvia.blogspot.com
Trip bolang pertama ke Jogja, waktu itu ke sana bareng si kawan, temen SMP, dan gak berani nyobain, malu sih sebenernya, hahaha, takut blunder :p
Waktu itu disana banyak juga wisatawan asing yang pada nyobain, yah, ada yang melenceng jauh, ada juga yang berhasil, yang melenceng itu yang bikin gw penasaran, padahal mereka tinggal lurus doang dari start point nya, tapi ntar tiba-tiba di pertengahan menuju 'tengah-tengah' pohon beringin tersebut, mereka belok, dan gak berasa kayanya.. Tapi, masih, waktu itu rasa penasaran gw masih belum mengalahkan rasa tkut gw, takut ntar malah melenceng juga terus blunder, huahahaha..

Alhasil gw malah foto-foto di deket beringinnya doang #hembusnafas #hufft

Akhirnya di trip bolang kedua, yang digawangi oleh gw dan teman-teman (sebut saja : mbe, iin, ryah, dena, putu, atoy, alvi, opin, dan gw), baru disitu gw berani nyoba Masangin ini, soalnya temen gw udah nyoba duluan.

Jadi, pertamanya si Putu duluan yang nyobain. Pergilah dia nyewa penutup mata, ntah nyewa atau beli sampe sekarang itu masih jadi misteri. Trus dia ambil start point (berasa balapan aje, start point) selurusan dengan jalanan pertengahan diantara dua pohon beringin tersebut. Si Putu ini jalannya cepet banget, waktu itu gw sam Atoy yang jagain ampe ribet sendiri, soalnya di situ itu rame banget orang lalu lalang, Putu harus berhenti-berhenti, dan gw sama Atoy harus capek bilang 'permisi' sama orang yang hampir di seruduk si Putu.
First try at the first time, Putu : GOAL!! Berhasil lah dia ngelewatin pertengahan dua pohon beringin tadi.

Peserta kedua adalah Mbe. Start pointnya sama, penutup matanya sama, yang ngawalnya sama, jalurnya masih sama. Si mbe ini mulai dengan apa ya, jalannya itu lancar, lurus, tapi, hampir menuju daerah pertengahan pohon bereingin tersebut dia belok, dan kalo untuk ukuran orang jalan yang matanya lagi gak ditutup, itu pasti kerasa banget melencengnya, tapi si Mbe tetep jalan dan, yak, sampailah dia di sudut kanan pohon beringin.

First try at the firts time, Mbe : FAILED! dan dia langsung cengengesan seraya berkata "Sumpah, itu tadi belok gak berasa"

Peserta ketiga adalah Atoy, dia ngambil start point yang sama kaya si Putu, ya rata-rata orang emang mulainya dari deket-deket situ sih, soalnya selurusan sama pertengahan dua pohon beringin itu. Beda sama Putu, si Atoy ini agak pelan, pas hampir deket, malah sempet bingung, dan hampir belok, tapi dia berhasil menemukan jalan lurus lagi. Entah gimana, mungkin rambut eksotisnya menangkap radar dari para dewa-dewa di situ #apaansih

First try at the first time, Atoy : GOAL!! sesudah itu, langsung lah dia celingukan, seraya berkata "Jodoh, mana jodoh?" :p

Peserta keempat, tidak lain dan tidak bukan adalah gw. GW nyoba ini udah deg-degan duluan, padahal kalo gagal gak bakal ngaruh ke IPK juga sih ya #udahjangandibahas. Gw nyoba, gw jalan, agak cepet, berhenti beberapa saat dulu juga, ketika mau ada orang lewat, gw jalan lagi. Waktu itu gw rasanya ngambang, bukan ngambang beneran, cuma rasanya gw yakin kalo gw belok, cuma lagi... gw yakin kalo gw daritadi jalannya lurus. Dan itu terjawab, ketika gw mulai mendengar kayak ada suara banyak cowok-cowok, dan ada suara genjrengan gitar, gak mungkin banget di area tengah-tengah pohon beringin itu ada yang cangkru'an (red: nongkrong) sambil gitaran. Lalu gw bukalah penutup mata gw....


First try at the first time, guweh : FAILED!! sesudah itu gw berharap, kegagalan ini bukan suatu pertanda bahwa gw bakal bokek sampe taun 2013. Amin~ Tapi gw rasa kesialan yang langsung terasa adalah, pas gw Masangin kagak ada yang motret, kampretos.

Peserta kelima dan keenam adalah Iin dan Alvi, lalu gw lupa gimana hasilnya, gara-gara waktu itu mata gw malah jelalatan kemana-mana, huehehehe~
 
 

Nah sekarang, mari gw berkisah tentang sekelumit cerita dibalik Masangin ini, muohohoho ohok ohok..
Jadi menurut cerita setempat, Masangin ini sudah ada sejak jamannya Sultan Hamengku Buwono I sekitar tahun 1755-an.. Masangin ini berasal dari kata "Ngepaske Angin" atau "Masang Angin" yang artinya memasangkan diri (bukan menantang sih, pasang badan lah istilahnya) kepada angin, karena katanya kita bakal ngerasain arus angin yang lebih kuat kalo kita ada di antara dua pohon beringin tersebut.

Masangin ini dulunya digunakan untuk untuk tempat berlatih para prajurit Kesultanan Yogyakarta, karena mereka dituntut untuk melewati tempat yang relatif sempit dengan arah yang tepat dalam keadaan gelap, maka dari itu matanya ditutup.. Karena saat mata kita ditutup, orientasi kita terhadap arah dan keseimbangan memang jadi sedikit berubah, itu yang bikin kenapa kalo mata ditutup sulit untuk berjalan lurus.

Kalo mau diitung, berarti tradisi Masangin ini udah ada sekitar 2,5 abad, dan sampai sekarang kalo ke Jogja, tepatnya ke Alkid atau Alun-alun Kidul atauu Alun-Alun Selatan masih banyak banget orang-orang yang nyobain Masangin. Keren kan?
Categories: , , ,

0 comment:

Post a Comment