14 December 2011

Amed~~

[intro] Emm, selama ini apa yang gw sebut dengan travelling adalah pergi tamasya bareng keluarga, dengan perencanaan yang matang tentunya, atau pergi bareng temen2 dengan embel2 study tour yang pasti semuanya udah diatur sama pihak penyelenggara.

Sampe gw Kerja Praktek (sebut saja Gladi) di Bali. Gw tinggal disana, ngekos bareng 7 temen gw. Disana gw kemana2 naek motor. Karena temen yg harusnya boncengin gw jatoh dari motor 2kali dan kita kekurangan tenaga ojek, akhirnya gw bawa motor, setelah 2 taun gak bawa motor, dan dengan SIM yang sudah mati.

Denpasar-Kuta udah jadi rute wajib, apalagi malem sabtu ato malem jumat, FYI, gaul banget ya gw :3

Tapi, semuanya berubah!! -apaansih- setelah terjadi misskomuniasi pembelian tiket pulang ke Jakarta. 1 temen cewek gw udah balik dr tanggal 5 Agt karena ada urusan. 2 temen cewek gw balik tgl 15 Agt. tinggalah gw sendiri bersama 4 temen cowok gw, yang ternyata mereka udah beli tiket buat tanggal 16 Agt. Dan gw, udah beli tiket buat tgl 18 Agt. Gara2nya tadinya rencananya kita smua balik tanggal 20. Sempet sebel, dan kepikiran buat tuker tiket ato beli tiket lagi, biar gw gak sendirian di Bali.

Tapii... ah, kapan lagi gw bener2 sendirian di pulau orang. Kenapa gak nyoba aja, toh satu setengah bulan udah cukup bikin gw familiar sama pulau ini. And here it is.

Tgl 16 para lelaki2 kamar sebelah udah berangkat ke bandara dari jam 11an kalo gak salah. Gw tinggal sendiri. Siangan dikit yang punya kosan dateng. Daaaannn, ibunya marah. Eh, bukan marah sii, cuma komplain aja, soalnya kamar sebelah ditinggalkan dengan keadaan berantakan, setelah gw liat. Yah, kalo gw jadi ibunya gw juga udah ngamuk2 :p

Sorenya, daripada bosen, gw memutuskan buat maen ke Kuta, sendirian disana, dari sore sampe gelap. Ngeliatin bule2, ngeliatin ombak, sambil denger musik dgn volume minim, hasilnya : Galau, sodara2 :( jadi inget waktu pertama gw ke Bali, berenang di Kuta dari jam 4 sampe jam 6, waktu gw jalan2 sama anak2, waktu gw... hmm...

[reff] tgl 17 Agt. yak, alih2 gw pengen liat suasana agustusan di Bali, tapi gw bangun kesiangan, jam setengah 10 gw baru bangun. kebluk banget dah. Begiti bangun gw langsung mikir (tumben banget ini gw bisa mikir) "Hari ini pokoknya gw kagak bakal diem doang di kosan"
Selesai mandi, pake baju dan sarapan di warung nasi terdekat dengan menu yang sama seperti sebelum2nya, dengan harga yang sama 6ribu perak, berangkatlah gw. Hari itu gw udah siap2 bawa baju ganti sama sunblock, ya kali aja gw ntar ujung2nya pengen nyemplung.

Sampe depan gang, gw bingung. Gw bingung GW MAU KEMANAA?? Tiba2 gw inget cerita temen gw yang abis snorkeling di Amed, daerah Karangasem. Katanya jauh sii, tapi katanya bagus. "Yaudah, gw mau ke Amed"

Bahkan weee, BAHKAN GW GAK TAU Amed itu di utaranya, baratnya, timurnya, atau selatannya Bali, dan dengan track-record nyasar gw yg udah gak keitung, bisa gw katakan. Perjalanan ini asli spontan uhuy. Berbekal, browsing inet dlu tentang arah kasar menuju Amed, gw nyantai, soalnya di Bali ini plang penunjuk jalannya lengkap, dan rata2 masyarakatnya familiar sama daerah2 wisata, jadi gw pergi dengan modal plang jalan sama nanya2-ya pake bensin juga sii, gw naek motor, ya yaa, sama bawa duit juga-

FYI, Letak Amed dari Denpasar adalah:
Gw start itu jam setengah 11 kurang lebih. Sejam lebih kemudian gw udah sampe di daerah Padang Bay, di jalan, deket Gua Lowo tepatnya, dari jauh gw ngeliat ada rame2 gitu. Ternyata lagi ada Ngaben. Oh menn, akhirnya, setelah 1setengah bulan gw di Bali, gw bisa liat upacara Ngaben sehari sebelum gw balik ke Jakarta. Pas gw liat udah di bakar sii, jadi gak bisa liat prosesi dari awalnya kayak gimana, tapi cukup puas lah..

Kira2 15menit gw nonton, bareng gw ada juga beberapa bule yg lagi motoran n brenti juga buat nonton upacara Ngaben ini. Gw cuma sebentar soalnya gw sendiri ngejar waktu ke Amed, secara gw gak tau pasti waktu tempuhnya berapa jam, dan asumsi kalo gw bakal nyasar. Gw gak bisa lama2 di situ. Gw stater motor gw, gw pasang helm, gw gas pelan2. Gak jauh dari situ gw lewat Gua Lowo. Yaudahlah mumpung udah sampe sono, kenapa gw gak sekalian mampir aje. Mampirlah gw disana.

Disana juga lagi rame, orang2 abis pada sembahyang gitu. Banyak yang pada pake baju dan kebaya putih(yang perempuan yg pake kebaya -__-). Agak canggung juga, lah orang pada rapi, gw cuma pake jaket, warna item pula sama celana pendek, sama sendal jepit. Tapi yaudahlah. Buat masuk kesana itu gw bayar, 9ribu plus dipinjemin kain buat dipake dari pinggang ke bawah. Pas itu gw jg lagi pake celana selutut, gak tau adatnya emang gitu kalo mau masuk Pura, atau karena gw pake celana pendek? :)

Dari sono gw langsung menuju Amed lagi, entah berapa orang gw tanyain tentang arah menuju Amed, dan semua orang yang gw tanya bilangnya masih jauh. Sempet ragu juga, apa balik aja gw, tapi.. toh sejam lebih udah mampu gw tempuh dengan penuh ketidakpastian, nanggung banget kalo balik. Dan untungnya menuju Amed ini pemandangannya beragam, dari sawah, semi2 hutan, kota kecil dan jalanan berliku yang gak bikin bosen. Daaaannn, sampailah gw di Amed, sekitar jam setengah 2 lebih, itu panasnya amit2 bangeeetttt.

Di Amed, kalo diliat sekilas, gak terlalu meyakinkan. Agak sepi, dan di pantai itu bukan pasir, tapi batu2an item gitu.. Tapi aer laut yang berkilau, dan perjalanan 2 jam setengah, bikin gw udah gak mikir takut item lagi, pokoknya gw harus nyemplung, dan jadilah gw nyewa masker snorkel yg udah agak bapuk di suatu restoran kecil yang nyewain alat snorkeling, masker itu(sepaket sm selang napasnya) gw sewa seharga 25ribu, sepuasnya.

Gw pun nyemplung, pake masker, begitu udah nyelem.. dan agak ke tengah.. WOW, ternyata gw daritadi di kelilingin ikan2 kecil.. gak tau itu ikan apa, tapi warnanya agak biru2 gitu. Seneeeeengg banget, secara gw selama ini belum pernah snorkeling.

Gw langsung berenang (thanks to mamake dan bapake yg udah maksa gw belajar renang waktu SD) agak ke tengah ke arah kerumunan bule2 lagi pada snorkeling. Takut juga kalo di laut sendirian, kebanyakan nonton pilem ini gw.

Makin tengah pemandangannya makin bagus. Di agak tengah gw nemu kayak.. gak tau itu apaan, tapi bentuknya kayak piring putih disusun-susun, baguuuussss banget, terus ikannya makin banyaaak, makin gede-gede. Sempet dapet zonk juga, karena gw ngeliat ada bangke ikan yang kejepit di sela2 karang, kaget banget lah.

Oiya, karenaaa... gw belum pernah berenang sambil napas pake selang snorkel yang sedemikian rupa, selama perenangan gw itu udah gak keitung berapa gelas aer yang gw minum, masuk idung, batuk2, dan sebagainya. Asli, agak susah adaptasi renang yg biasa napas pake idung sama mulut, dan sekarang, idung lo ditutup terus lo harus napas lewat selang yang biar selangnya nempel di mulut harus digigit. Susaaaahh.. Pas gw lagi naek ke darat dulu, kan kaca maskernya berembun, gw lap2, abis itu mau gw kencengin talinya yg ngangkut di maskernya, soalnya kadang2 aernya masih masuk. Eh, pas gw teken2, maskernya kebelah, HAHAHAHA~, tapi sebelum gw balikin ke tempat sewaan, gw benerin dulu sedemikian rupa biar belahnya gak nampak. Maskernya gw balikin selesai gw ganti baju, terus gw langsung ngacir. Takut soalnya..

Setelah sejam 'membakar diri' gw langsung pulang ke kosan, takut kemaleman, soalnya beberapa area yg tadi gw lewatin ada yg jalanannya sepi banget. Sampe kosan sekitar jam 6an. Itu asli, badan gw rasanya panaaaaasss. Ya gimana nggak, snorkeling sejam di tambah bolak-balik Amed naek motor 6 jam --____--