08 March 2012

7 Maret 2012

Hari Rabu tanggal 7 Maret 2012 kemaren, sejauh ini, merupakan hari terhoror dalam kuranglebih 2 bulan pertama di tahun 2012.

3 kabar duka yg gw denger di hari itu. Pertama kabar duka dari dekan Fakultas Kedokteran UMI Makassar, Prof.dr.H.Abd.Razak Datu, Ph.D. Kedua kepergian ayahanda dari Widya Puspitasari, temen SMA gw. Ketiga, kepergian dari Diayu Eritasari, mahasiswi IT TELKOM angkatan 2010.

Buat kabar duka yang ketiga, jujur itu meninggalkan kesan mendalam buat gw...

Jadi kemaren itu, gw udah siap2 mau tidur, si Bleki udah gw matiin, terus gw maskeran dulu sebelum tidur. Sambil nunggu masker kering, gw baring2 di kasur, gak sampe 5menit kemudian, depan kamar gw pada rame. "Ada yg tereak2" "Ada yg bunuh diri" "Sumpah, serem abis" "Anak telkom yak katanya?" "Ayok kesono" "Eh itu beneran bunuh diri?" "Hiii, takut gw". Yahh, kira2 itulah penggalan kalimat yg gw denger. Karena dr yg gw denger yg rame br di kosan gw doang, dan gw gak denger ada ambulance ataupun mobil polisi, gw bingung juga. Ini serius??

Gw sms lah si Linda "Woh ada yg bunuh diri katanya nda, kosan lo rame gak?" si Linda bales, dan emang dy juga baru tau dari gw. Cepet2 gw kipasin masker gw biar kering, terus gw cuci muka. Lanjut buka si Bleki terus mantau twitter sebentar, dan yap, twitter udah rame tentang berita ini. Akhirnya, karena udah punya 'temen' dan masker gw udah gw apus, gw keluar, disana gw ketemu Alvi, Linda, Anggi, sama Adit, nantinya gw ketemu Risong, Jora, Putu, dan Riga.

Pas gw keluar di depan Blu Hoz udah rame banget. Banyak orang berkerumun, mungkin nunggu polisi dateng untuk ngebawa keluar mayatnya. Setelah gw keluar, kabar yg beredar waktu itu masih simpang siur, ada yg bilang bunuh diri, ada yg bilang di bunuh, krn di kepalanya ditemukan memar.

Tapi, waktu itu polisi dateng kira2 setelah sejam gw di sana, dan gak ada ambulance yg dateng selama rentang waktu itu. Di situlah gw mikir, masa iya sih, kalo bunuh diri gak ada yang inisiatif utk cari pertolongan, apalagi gw denger di TKP udah ada polisi yg nungguin. Kalo emang kelihatannya pure bunuh diri, menurut gw tindakan yg logis setelah korban ditemukan adalah cari pertolongan, entah gimana caranya. Tapi waktu itu, kesannya kita udah diberi kepastian, korban pasti meninggal, gak perlu ditolong. Dan lagi, kalau memang pure bunuh diri, rasa gw agak janggal kalo harus nunggu petugas penyidik olah TKP, dan seakan2 TKP adalah suatu temat yang banyak meninggalkan jejak dan etunujuk, sehingga gak bisa di otak-atik, termasuk korban. Dari situ gw sepertinya mulai percaya sm cerita yg bilang kalo ini adalah kasus pembunuhan.

Akhirnya karena puyeng juga ada di tengah keramaian, dan emang udah malem, gw balik, ngungsi di kamarnya Linda. Di kamarnya Linda kita tidur ber4, gw, Linda, Anggi, sama Alvi. Di kamarnya Linda kita gak langsung tidur, tapi mantau TimeLine sambil berspekulasi dengan opini masing2. Sampai akhirnya, pagi ini, ada berita katanya korban adalah korban pembunuhan, karena HP dan Laptopnya hilang, serta ditemukan luka tusukan pada tubuh korban.

Ini yang bikin gw takut. Pembunuhan, dan motifnya perampokan, uang. Sedangkan beberapa hari lalu, baru aja gw denger katanya ada anak Telkom, cowok, jadi korban penusukan, katanya lokasinya di bawah jembatan Tol, itupun katanya gara2 geng motor, karena katanya gak ada barang yg diambil.

Gw takut. Gw mikir, gimana lah, mulai sekarang pasti gw hidup dengan tingkat kecurigaan yang berlebih terhadap orang baru, kemana-mana penuh perhitungan dulu mengenai rute dan waktu yg tepat biar gak harus ngelewatin jalanan sepi sendirian, mulai sekarang pasti bawaannya parno-an,

Gak kebayang ya, betapa kebutuhan ekonomi, kebutuhan akan pengakuan, kebutuhan akan rasa puas, kebutuhan akan penerimaan bisa bikin orang tega mencuri nyawa orang lain, memusnahkan masa depan orang lain, dan menghancurkan hati dan harapan orang lain. Yah, entahlah, gw belum paham jalan pikiran mereka, dan semoga gw gak pernah paham.

Ketika tempat, lingkungan tumbuh kita menjadi gak aman lagi, yang bisa dilakukan sekarang, mungkin hanya saling menjaga, saling mengingatkan, dan berdoa.

Rest in Peace you all.
Categories:

1 comment:

  1. waduh agak prihatin juga ada kasus spti ini, krna saya jg adalah alumnus telkom angk 2004. rasanya dulu aman2 saja pas saya ngekos dsana, dulu saya ngekos di rafles..

    ReplyDelete