11 May 2012

Day 0 - Jogja

Hah! ini Jumat!!  #berasaKattyPerry
Yap seminggu tepat, semenjak kedatangan pertama gw (setelah hampir 6 tahun mungkin) ke Jogja.
Gak banyak yg gw inget dari kunjungan 6 taun lalu. Yang pasti, kemaren gw menginjakkan kaki ke Jogja kayak baru pertama kali.

Berangkat kamis malem dari stasiun Kiara Condong pake kereta ekonomi : Kahuripan. Ini juga pertama kalinya gw naek kereta ekonomi. Sendirian pulak. Selaen murah (35ribu, lo udah bisa sampe Kediri, kalo emang mau turun disana, sama tiket Primajasa jurusan Bandung-Lebak Bulus aje lebih murah tiket Kahuripan :p ), kalo naek Kahuripan, kita sampe di Jogja nya subuh. Beda kalo naek, Malabar, sampe di Jogjanya tengah malem. Bingung juga kalo sampe Jogja tengah malem.
Tiket Kahuripan yang ternyata langka karena udah dibeli calo2 :p
Karena gw dapet gerbong 1, jadilah gw harus ngejar kereta sampe diluar area stasiun, soalnya gerbong gw paling depan. Tapi seruuu, temennya banyak. Lo bakalan lari desek2an sama bapak2 yang bawa 2 kardus gede, sama ibu2 yang nenteng tas gede plus barang2 dalam beberapa kantong kresek. Dan, pada momen itu lah, semua orang yang gak kenal menjadi 'teman'. Karena gerbong 1 udah di area tanah, yang berarti jarak dari tempat berpijak ke kereta sangat tinggi, lo perlu bantuan orang. Seenggaknya untuk narik lo naek, atau untuk sementara ngebawain barang2 lo. Setelah itu, pencarian tempat duduk. Disini juga, kita saling nolong. Anak muda bertato yang nolongin ibu2 yang kesulitan naruh tasnya di selerekan di atas tempat duduk. Bapak2 yang lagi gendong anak yang nolongin bapak2 tua yang bingung nyari nomer seatnya. Sampe satpam patroli kereta yang ngambilin sepatu anak kecil yang jatoh pas lagi di gendong ibunya.

Buat yang gak tahan kena angin, wajib bawa jaket kalo mau naek kereta ekonomi ini. Kalo buat gw, dingin banget sih enggak, paling dinginnya pas menjelang subuh, cuma karena jendelanya kebuka, kepala gw jadi kena angin gitu. Dan gw gampang pusing kalo kepala kena angin langsung kayak gitu. Makanya jaket gw berguna buat nutupin kepala biar gak langsung kena angin.

Oiya, kira2 di stasiun... mm.. stasiun apa gitu.. lupa gw, pokoknya waktu itu jam setengah 3 pagi. Gw denger ada ribut2 di luar, terus masuklah seorang mbak2, diikuti mas2 yang badannya gede, serem lah pokoknya. Nah si mbak2nya itu marah2, dia ngomong "Yaudah, gak usah kasar dong, kok pake mukul2 sih, udah sana.. sana.." sambil ngedorong dan mukul2 si mas2 serem itu tadi. Nah!! Si mas2 serem itu tadi kan lagi ngerokok, jadi rokoknya diarahin ke leher ceweknya tadi, gw gak tau si mbak2 itu beneran di sundut rokok, tapi, serem aja, soalnya kejadiannya pas samping gw banget.

Yaudah, pertengkaran tadi terus berlangsung. Pas disamping gw!! Monyong banget gak sih?! Gw udah mikir, ni kalo ampe gw kena tabokan nyasar ato kena sundutan rokok nyasar, gw harus ngapain??? Gw diem, berusaha gak ngeliatin mereka. Sampe akhirnya, si mbak2 menjauh, menuju sisi gerbong satunya, si mas2 menuju arah berlawanan, mau keluar kereta. Tiba2 mbak2 tersebut balik lagi, dan ngeludahin si mas2 serem tadi -_______-"

Gw spechless. Bengong. Mlongo. Bingung. Beneran, si mas2nya marah, di kemplanglah si mbak2 tadi, gak kenceng juga sih kayanya, tapi tetep aja horror. Dan gw liat semua muka2 penumpang di kereta. Mlongo semua. Sebenernya ada satpam sih, di deket TKP itu, abis itu barulah mereka agak ngebantu dengan misahin si mbak2 tersebut dari si mas2 serem tadi. Cuma setelah gw nguping2, ternyata katanya si mbak2nya itu emang gak 100%, alias agak 'terganggu'

Tambah panik lah gw. Ini gw sekereta sama orang yang 'nggak penuh', tar kalo tiba2 dia ngamuk gimana?? Tapi untungnya dia nggak duduk deket gw sih.. Cuma yaaa, abis itu gw udah gak bisa tidur.

Akhirnya, karena gak bisa tidur, jajan lah gw. Beli onde2. Masih anget. Enaaaaaak, enak banget makan onde2 subuh2 di kereta, apa karena gw yg lagi laper ya?

Sampe stasiun Lempuyangan kira2 jam 6-an kali ya. Udah terang kok. Dan tempat tujuan pertama gw adalah, angkringan. Disana gw jajan gorengan, sama teh manis panas. Asli, segerr. Dan abis itu, seperti biasa, panggilan alam pun datang. Pengen boker :'(( Paniklah gw nyari toilet, mau masuk ke dalem stasiun lagi, males. Yaudah, setelah nanya2 sama mbak2 angkringan, Berhasil juga gw mendarat di toilet umum, masih di sekitaran Lempuyangan. Rupanya toilet tersebut emang sering jadi tempat 'transit' orang2 yang abis dari stasiun. Di sana gw kenalan sama mbak2 anak ITS, yang mau numpang mandi, karena kereta menuju Surabaya nya dia masih ntar sore.

Day 0 - Jogja : Done!


Categories: , , ,

0 comment:

Post a Comment