23 January 2013

[trip3negara] : Singapore, MRT, dan Hostel

Sesampainya di Changi, dan sekelarnya urusan imigrasi, gue langsung menuju Terminal 2 dengan naik skytrain. Nah menuju skytrain nya ini juga agak jauh dan bikin bingung. Gue dan Linda cuma mengikuti panah-panah petunjuk yang tergantung diatas. Sementara.. bahu gue udah mulai sakit, ini pertama kalinya gue jalan ngegendong ransel seberat itu, seberat kurang lebih 7 kilo. Buat yang udah sering backpackeran, ini enteng banget, tapi buat gue yang fresh-meat, aselik, gue udah pengen ninggalin tas itu, ditambah masih bawa tas jinjing 1 biji, manja ya? maap deh :p
Terminal skytrain dari terminal 3 tempat arrival AA

Nah, skytrain ini adalah layaknya shuttle bus untuk menghubungkan antar terminal di Changi. Kayak odong-odong. Cuma sepotong kecil gerbong, kagak ada supir, masinis, pilot, atau nahkoda nya. Otomatis. Ya persis odong-odong kayak yang di Dufan itu lah..

Sampai di Terminal 2, kami disambut dengan mesin tiket MRT. Gue nyengir. Nyengir dongo. Setelah membaca dengan seksama cara beli tiket dari mesin itu, setelah membaca rute, maka gue beli tiket menuju halte Lavender karena hostel yang udah di booking letaknya paling deket sama halte Lavender.

Tiket yang dibayar seharga 3 SGD, tapi nanti pas di halte tujuan, ketika tiket dibalikin ke mesin, bakal ada 1 SGD yang dikembaliin. Jadi si 1 SGD ini anggaplah biaya deposit satu tiket single trip. Tiketnya itu bentuknya kayak kartu ATM. Sebenernya buat turis ada kartu yang bisa dipake buat masa berlaku 3 hari, harganya mulai dari 10 SGD, atau lo beli EZLink, yang harganya mulai dari 5 SGD dengan ketentuan 5 SGD adalah biaya bikin kartu yang nggak bisa dibalikin. Lebih lengkapnya bisa dilihat disini
Antara exciting dan berasa gaptek, ah..
 MRT pun dateng, kami pun naik. Terus... kebablasan!

Kebablasan disini adalah begini.. jadi... ketika lo dari airport, misalnya kayak gue, mau turun di Lavender, kalau melihat di peta MRT nya, emang masih satu jalur dan sepertinya lo gak perlu transit untuk ganti MRT. Tapi nggak..

Lo harus ganti MRT di Tanah Merah, karena MRT rute bandara bakalan cuma bolak-balik antara Tanah Merah-Changi aja. Disitu gue sama Linda dengan pede nya tetep duduk manis, saat orang-orang pada turun di Tanah Merah. Berbekal pengalaman naek busway di jakarta, kalo rutenya/jalurnya/warna lintasannya sama, ya gak perlu ganti kendaraan dong. Walaupun di peta MRT ada keterangan gambar intersection.
Setelah orang-orang turun, dan beberapa ada yang naik MRT jalan lagi, tapi menuju Changi. Gue sama Linda cuma liat-liatan, maklum.

Setelah balik lagi, sampe di Changi, lalu balik lagi, kami turun di Tanah Merah. Ganti MRT, lalu sampai lah di halte Lavender dan ngembaliin tiket buat ngambil deposit yang 1 SGD itu, lumayan.

Dari halte Lavender, berbekal petunjuk arah dari print-an bukti booking hostel, sampai lah ke Little Red Dot hostel di Lavender Street. Jalanan waktu itu gak terlalu rame, hampir sepi malah, tapi nggak banyak orang nongkrong nggak jelas, jadi gue jalan berasa aman-aman aja. Ada sih takutnya, namanya di tempat baru, pake tas gede, pasti kentara banget kalo kita itu pendatang dan nggak tau apa-apa..

Sampe di hostel, langsung ke mas-mas nya, dan konfirmasi kalo kami mau check in, dan bayar sisa tarif booking kemaren. Si mas-mas nya ini ngomongnya cepet banget, Singlish, dan gue cuma bisa nangkep ketika dia nanya "How are you?", kemampuan bahasa Inggris gue sungguh menyedihkan gara-gara udah jarang dipake.

Kalo diliat-liat, seinget pandangan gue yang nggak pake kacamata waktu itu sih ya, si mas-masnya itu mirip Joe Hahn-nya linkin park versi kurus.


Setelah dianter ke kamar. Gue mandi, terus kehausan. Lupa banget kalo di bandara tadi harusnya ngisi air keran dulu, padahal udah bawa botol minum sendiri. Akhirnya gue beli minumnya di warung seberang gang, dianter sama si... nggak tau namanya. Doi orang Togo, tapi kuliah di China. Hitam *gak maksud rasis*, kekar gemuk berisi, rambutnya dikepang kecil-kecil gitu, ngeri lah pokoknya, tapi baik banget. Pertama nya dia kira gw sama Linda orang Filipina, tapi ya mirip-mirip juga sih, muka orang Asia Tenggara kan ya sama modelnya..

Dia bilang kalo mau beli air, di sini aja, lebih murah dibandingin Sevel yang lebih deket. Dan.. itu adalah pertama kalinya gue menenggak aer mineral 1.5 liter seharga 2 SGD, atau kurang lebih 15ribu. Rasanya ya sama aja.. kayak aer -___-

Btw, di kamar gue di Little Red Dot ini udah ada 2 bule bongsor yang entah dari mana, gue nggak paham bahasanya, si bule Togo tadi, ditambah gw sama Linda, jadinya kamarnya penuh deh. Si 2 bule bongsor itu cabut dari hostel pagi-pagi banget, sekitar jam 5an, gue sempet kebangun pas salah satu yang bednya di atas gue grasak grusuk nurunin tasnya.

Gue? Cabut sekitar jam 9an, setelah mandi, sarapan di hostel gratis, dan beberes.

Tujuan pertama setelah cabut dari hostel adalah...??? Bandara. Buat nitipin tas yang gue yakin gue nggak bakalan sanggup ngegembol tas ini selama jalan-jalan nanti. Jadi di bandara ada tempat penitipan tas gitu. Bayar jelas. biasanya dihitung berdasarkan dimensi (ukuran) tas, dan berat tas. kemaran buat 2 tas gue sama Linda, kena 7.5 SGD. Kenapa nitip di bandara?  Ya itu tadi, gue nggak yakin bisa kuat lincah jalan-jalan bawa tas itu #manja , lagian lagi tengah malamnya emang gue mau terbang lagi ke KL. Bentar banget di Singapore nya yak? gue juga agak sedikit nyesel kenapa nggak lebih lama.. #ngelunjak

*Review

Nah, gue mau review hostel yang gue tempatin di Singapore yak. Namanya @ Little Red Dot. Lokasinya di Lavender Street, terjangkau dengan jalan kaki dari halte MRT Lavender. Lokasinya aman, cuma sepanjang malem jalanannya sering dilewatin mobil, dan lumayan kedengeran, tapi nggak ngaruh sih buat gue yang gampang tidur. Kamarnya bersih, bednya empuk. seprai, sarung bantal, dan selimutnya diganti tiap ada pergantian tamu, soalnya pas sebelum gue check out, gw diminta buat ngangkut seprai, sarung bantal sama selimutnya buat ditaruh di keranjang laundry-an nya dia.

Kamar mandinya enak, shower, ada air panasnya. Sarapannya gue kemaren disediain roti, bisa dipanggang sendiri, macem-macem selai roti, sama mie goreng yang gak pake kecap, tapi enak deh. Cuma ya itu, disini konsepnya self service, abis makan, lo baiknya nyuci piring sama cangkir lo langsung, biar kalo yang laen mau makan juga bisa make gelas sama piring, minusnya ya itu.. ada aja orang yang kagak bisa nyuci piring dengan bersih -__-


Kemaren gue booking dari hostelbookers , lebih lanjutnya liat disini aja ^^

0 comment:

Post a Comment