24 January 2013

[trip3negara] : Singapore, teman baik pejalan kaki

Ah, gue lebih suka menuliskan Singapore daripada Singapura, gpp ya :)

So, tanggal 13 Januari 2013, gue dan Linda jalan-jalan di Singapore. Menurut gue, kalo lo mau, sambil santai, ngiterin seluruh jalanan di Singapore jalan kaki pun bisa, kurang dari seminggu itu kalo sambil woles yak.
Kecil parah negaranya.

Walau kecil, bukan berarti nggak ada yang bisa dilihat. Banyak yang bisa diperhatiin disini, dari mulai penduduknya yang multi-culture, dari sistem transportasinya dan sistem pengaturan ruang pedestrian nya yang menurut gue sangat friendly buat pejalan kaki dan orang tua. Nggak heran kalau disini banyak orang tua yang pergi-pergi sendiri, artinya sanak keluarganya nggak cemas kalo si orang yang sudah tua itu pergi sendirian karena sistem transportasi dan trotoarnya aman.

Kalo mall nya, ya menurut gue sih dimana-mana mall ya gitu-gitu aja, toh di Jakarta banyak juga mall keren yang pengunjungnya modis-modis dan kinclong-kinclong. Kalau dari segi penampakan alamnya, jelas, Indonesia masih jauh lebih keren, keliatan kan ya dari perbandingan topologi dan ukurannya di peta.

Tapi, bangga dengan negara sendiri bukan berarti boleh apriori sama negara orang. Juga bangga dengan negara orang bukan berarti menjadi pantas untuk menghujat negara sendiri. So, here it is.. Say hello to Singapore~

Setalah nitip barang di Changi, tujuan pertama adalah halte Bugis. Oiya, di Singapore ini, gue full kemana-mana cuma modal MRT (tiket single trip semua, jatuhnya mahal sih kalau single trip, sebenernya) sama jalan kaki.

Bugis merupakan tempat belanja dan gue nggak belanja, cuma liat-liat. Gue memang gak niat beli apa-apa sih, baik buat diri sendiri, maupun untuk orang lain (baca: kagak ada duit). Ngeliat jus macem-macem yang dijual dengan harga 1 SGD, yang disimpen di atas serutan es batu biar tetep dingin dan keliatannya emang seger gue pun langsung.... membuka tas, dan nggak beli! Gue mengambil air mineral 15ribu gue yang udah gue simpen di botol minum gue sendiri. Oh..
Bugis, silakan buang duit disini :p

Demi menghidupi cacing-cacing di perut kemudian kami menuju Little India, jalan kaki. Kalau di peta sih, tinggal sebrang-sebrangan aja itu Bugis sama Little India. Realita nya? Ya kudu belok-belok. Entah gimana, jangan nanya tentang rute atau jalan apapun ke gue. Navigator perjalanan ini adalah Linda, silakan tweet langsung sama orangnya di @junglinda

Sampai di Little India, gue disadarkan akan kenyataan yang pahit. Tidak ada yang mirip Shah Rukh Khan disini, apalagi Anushka Sharma, apalagi Akhsay Kumar. Jadi kalo lo nonton film India, lo inget kan ada adegan nari-nari? Nah, isinya Little India, ya para dancernya itu. Walau begitu, itu nggak menutupi kegembiraan gue untuk segera mencari tempat makan masakan India.
Nggak ada yang kayak begini :'(
Rumus mencari tempat makanan enak itu cuma satu! Carilah yang ramai dikunjungi, walupun kadang-kadang nggak pasti cocok sama lidah kita, sih. Setelah melihat beberapa "warteg" yang isinya om-om kekar gosong beralis tebal hidung mancung dan bau ketek, gue memutuskan untuk masuk ke Sakunthala's Restaurant. Kenapa ke situ? Rame parraaah soalnya. Dari yang orang India asli sampe yang bule, pada makan disana, dan selalu penuh, meja kosong gak akan bertahan lebih dari 1 menit. Maka gue simpulkan, makanan nya pasti enak.
Sakunthala's Restaurant, rame parah, dan mahal parah..
Di depan udah disediakan daftar menu. Ya. Mahal. Makanan berat berkisar antara 5-12 SGD, dengan cemilan kayak roti prata berkisar antara 1.5-3 SGD. Waktu itu gue masih terlena dengan mode pecahan yang cuma 1-2 digit. Kalo di Indonesia, misal harga nasi goreng 8000 tuh ya, mata gue belum terbiasa ngeliat harga cuma 2, 3, 4.5, dan semacamnya.

Maka gue memesan Tandoori Chicken Meal, yaitu paket yang isinya nasi putih, ayam tandoori, kentang pedes, sayur buncis, sayur labu, semacam krupuk pangsit yang agak melempem (bukan melempem sih, emang modelnya begitu kayaknya), dan 3 jenis kuah, merah kuning dan putih.

Enak? Enak! Parrah! Cuma porsinya banyak banget. Nasinya gak abis, tapi dasar gak mau rugi, gue berusaha sekuat perut buat ngabisin ayam sama lauk laennya. Kentangnya dimasak pedes, mirip kentang balado di sini, tapi lebih berempah. Dari menu gue waktu itu, kentang itulah yang paling enak. Kalau ayamnya sih gw rasa lebih enakan ayam biadabnya Fatimah deket kali PGA di Sukabirus.

Harga makan siang gw kali itu adalah 9,5 SGD rupiahin sendiri aja sono. Males gw. Sukses melenceng jauh dari budget makan yang sudah gue plotkan sebelumnya. Bodo amat ah, yang penting perut kenyang hati senang.

Waktu makan si Sakunthala's itu aja gue semeja bareng 2 bule Kanada, dan 1 bule Serbia, gegara mejanya gak ada yang kosong, dan meja yang gue tempatin berdua itu harusnya bisa muat 6 orang. Gue dan Linda ngobrol-ngobrol sama si bapak dari Kanada itu, dia seneng banget makan di sini kata nya, berakali-kali dia bilang "Fabulous, the rice is fabulous." Cerita ngalor-ngidul, tentang dia yang udah lama tingal di Singapore, tentang gue berdua yang lagi liburan dan cuma sehari di Singapore.

Terakhir setelah si 2 bapak itu pergi, ngobrollah gue sama si bule Serbia itu, tentang dia yang kemaren abis stay di Bali sambil kerja, tentang "Oo, makan pake tangan itu emang udah biasa ya" setelah ngeliat gue sama Linda kagak makan pake garpu-sendok. Tentang dia yang abis balik Serbia nanti, mau maen ke Istanbul, sambil kerja. Entah apalah kerjanya dia, gue nggak nanya. Singkat cerita, dia bilang Serbia juga bagus lho, terus dia nanya, "Ada email nggak? Atau akun facebook, ntar kalo kamu ke Serbia, kamu bisa tinggal di tempat saya, gratis, bisa saya anter jalan-jalan sekalian?" Gw bilang "Oh, ada". Terus dia, oh iya, namanya Ron, bilang lagi "Ada sesuatu buat nulis? biar sy kasih akun Facebook sy, ntar kamu add, aja.". Dalem hati gue, ya kali yaa, semoga beberapa tahun lagi kalo gw ke Serbia situ masih inget, Om.

Selesai membayar makan siang nan MURAH itu, gue langsung menuju ke Orchard Road, jalan kaki juga. Oiya, sebelumnya sempet mampir juga di masjid derah situ nemenin Linda solat. Pas, ujan! Sambil berteduh, gue ketemu sama cowok dari Batam, terus ngobrol-ngobrol, dia cerita kalo dia udah sering bolak-balik sini. Gue bilang "yaiyalah, Batam-Singapore mah tinggal ngesot doang". Singkat cerita setelah sama-sama berteduh, dan dia juga lagi mau solat, dia nawarin buat nganterin ke Mustafa buat beli oleh-oleh, karena tadi gue nanya tempat beli oleh-oleh yang murah dimana? Tapi gue berasa kurang sreg sama gaya-gayanya yang rada songong. Maka gue bilang gue mau sambil muter-muter dulu aja, gak usah dianterin. Ini backpacker-an pertama gue, ke luar negeri, gue masih agak curigaan sama orang baru.
Little India, pasarnya, dan masjid nya :)
Nah, di Orchard Road ini, ada hal menarik. Jadi, pas gue lagi jalan-jalan cantik, liat-liat sekeliling, tiba-tiba bahu gue seperti diketok, dan terasa basah. Ternyata... gue.. diberakin burung. Kaget, sebel, aneh, pengen ketawa juga. Yah begitulah yang gue rasain. Akhirnya gue elap-elap trus pake tisu basah. Gak bau sih, tapi tetep aja aneh. Yaudah, gue cuma bisa mengingat joke yang menyuruh gw bersyukur, bahwa sapi juga nggak ikutan terbang ,gak kebayang kan kejatuhan kotoran sapi? HAHA, nggak lucu sih itu joke sebenernya.
Gak sempet gereja, foto di depannya aja lah ya :p (foto paling atas)
Dari Orchard, tepatnya halte Dhoby Ghaut, gue langsung menuju halte Marina Bay buat ke Merlion. Sampe di Marina Bay, ternyata untuk menuju Merlion harus jalan kaki lagi, dann lumayan jauh. Untungnya waktu itu udah sore, matahari udah gak terlalu terik, banyak angin, dan banyak pemandangan yang bisa dilihat dan bisa difoto.
Di atas halte Marina Bay, asli enak buat foto-foto sama duduk-duduk..
Sampe di Merlion, masih terang, karena rencananya emang liat Merlionnya pengen malem, maka muter dulu lah di danau deket Merlion itu, sempet duduk-duduk dulu bentar, ngeliatin orang-orang yang pada jogging, ngeliatin yang pada pacaran, terus pengen, terus cuma bisa meluk pager pembatas di Merlion.

Oiya, di daerah danau puteran Merlion ini banyak bangku-bangku unik ada bangku yang cekung, cembung, berundak-undak, sampe yang miring. Maka dengan senang hati, gue jungkir balik di sana buat foto-foto.
2 bangku unik yang paling gw senengin, cekung, dan berundak :)
Puas foto-foto di Merlion, gue sempet diem dulu, ngeliat pertunjukkan laser warna-warni yang di sinkronisasi sama musik yang diputer , dari Gedung marina Bay Sands. Keren lah, gratis pulak! :D
Menurut gue Singapore pintar memanjakan turisnya dengan segala kenyamanannya, dan hiburannya yang sederhana tapi meriah.
Merlion, sah sudah kunjungan gw ke Singapore!
Chinatown! Menuju ke Chinatown pake MRT, buat makan malem, sebelum nantinya harus menuju Changi buat lanjut Flight ke KL.

Sampe di Chinatown, duit gue tinggal 10 SGD. Sementara makanan harganya adalah diatas 5 SGD. Begitu juga dengan sisa duitnya Linda. Maka, karena haus tak terbantahkan, gw sama Linda beli Lemon Tea, seharga 1 SGD, terus makan Hokkien Prawn Noodle, seharga 5 SGD, dibagi 2. Hiks..
Makanan terakhir di Singapore..
Sisanya, duit dipake buat naek MRT menuju bandara~

Sampe Bandara, waktunya agak ngepas, langsung ambil barang di penitipan, boarding, dan... "Goodbye Singapore, Hello Kuala Lumpur~"

0 comment:

Post a Comment