08 March 2013

[trip3negara] The Hardest Part

Sebagaimana normalnya perjalanan, pasti ada sisi fun nya, titik tripgasm, dan titik dimana suatu trip itu berasa disaster. Dan inilah titik itu.

Jadi, setelah sehari sebelumnya gue dan Linda beli tiket minivan untuk berangkat jam setengah 9 pagi dari terminal Sg. Nibong, Penang, akhirnya.. gue nggak naek minivan itu. Kenapa?? Kenapa? Itu semua gara-gara nyasar.

Jadi untuk ke terminal, gue harus naek bus rapid, nomor sekian. Busnya udah bener, cuma gue nggak tau, kalau untuk berhenti lo harus mencet suatu tombol yang ada di tiang-tiang deket tempat duduk. Gue juga nggak tahu bahwa busnya nggak lewat tepat di depan terminal, bus lewat di jalur yang berseberangan dengan sisi dimana terminal berada. Maka gue nggak ngerti dimana harus turun, gue kira dengan sendirinya ini bus bakal masuk dulu ke terminal kayak bus yang gue naekin kemaren. Nyatanya nggak.

Bus terus jalan sampe rute terjauh, Balik Pulau. Gue kira lagi, balik pulau adalah mendekati suatu ujung pulau dimana disitu bakalan ada kapal buat nyebrang sampe ke Phuket langsung, sehingga kalaupun gue ketinggalan minivan, itu bisa jadi alternatif, nyatanya nggak. Sebenernya Balik Pulau itu bagus lho. Tempatnya agak naek-naek gunung gitu, adem, rindang, nggak terlalu rame, dan rasanya kalo ada kesempatan buat maen lagi ke Balik Pulau gue nggak bakal nolak.
View Balik Pulau dari terminal bus rapid
Di bus gue udah bingung, Linda juga. Gimana nggak, rute ke Balik Pulau itu belok-belok, pegunungan, yaa kayak gitu lah. Gw takut diculik, hahaha, nggak sih, hal yang paling gw takutin adalah ditinggal minivan dan duit tiketnya nggak di refund. Mana ibu penjual tiket minivan udah nelpon gue dan sms-in gue melulu.
Balik Pulau~~
Akhirnya setelah sampe Balik Pulau, gue naek rapid bus lagi menuju terminal. Sampe terminal udah jam 10-an. Sampe terminal gue langsung ke loketnya si ibu. Udah senewen gara-gara ketinggalan minivan, si ibu malah kayak marah-marah gitu.

Dia bilang "minivannya tadi udah nungguin, tapi kalian nggak dateng-dateng". Si ibu makin menjadi setelah dia tau bahwa gue nginepnya deket Komtar, dia bilang "Kenapa kalian nggak bilang kalo nginep disitu, kalian kan bisa dijemput di situ aja." Kampret! Ya mana gue ngeh juga kalo nantinya gue nginep deket Komtar dan bisa dijemput di situ. Walaupun sebenernya pas lewat Komtar gue juga ada terlintas pikiran disini kan banyak tour travel, bisa dijemput disini aja nggak ya? Tapi yaudahlah..

Gw sebel. 70 ringgit gue ilang. Plus yang paling nyebelin lagi si ibu dengan masih nada marah-marahnya nyuruh kami beli tiket buat ke Hat Yai untuk keberangkatan jam 12 siang, seharga 30 ringgit. Gue terlanjur gedeg, males juga. Akhirnya karena kelaparan, gue sama Linda balik lagi ke Komtar, makan, sambil mikirin kudu gimana lagi. Disitu gue bingung, duit ringgit gue udah abis, pulsa gue abis, mau browsing cara menuju Phuket lagi bingung. Akhirnya Linda yang masih ada pulsanya browsing, dan yaah.. cara ke Phuket emang pake minivan doang.

Setelah memutuskan untuk nukerin sebagian Baht jadi Ringgit di Komtar, gue nyusurin tour travel satu-satu. Ada lagi sih minivan buat ke Phuket jam untuk yang agak sorean, tapi tiketnya udah pada abis. Pertimbangannya  apakah gue harus nginep semalem lagi di Penang dan menuju Phuket besok pagi atau gue ke Hat Yai, kemungkinan nginep di sana atau langsung cari transportasi buat langsung ke Phuket.

Akhirnya gue dan Linda memutuskan buat ke Hat Yai dulu aja, yang penting masuk Thailand dulu, maka bahan browsing selanjutnya adalah letak penginapan murah di Hat Yai, letak terminal di Hat Yai, dan transportasi apa yang bisa dipake di sana.

Setelah 30 ringgit kembali di keluarkan buat beli tiket ke Hat Yai untuk jam 3 sore. Gue masih jengkel sendiri gara-gara 70 ringgit gw ilang gitu aja. Gue tetep kebayang-bayang, kenapa gue nggak nanya lebih lanjut? Kenapa gue nggak nyadar bisa dijemput di Komtar? Harus ada re-budgeting dan kemungkinan re-schedulling buat keterlambatan ini. DGue nggak bikin plan B, gue sendiri masih belum ada bayangan ntar kalo sampe Hat Yai mau ngapain.

Akhirnya, minivan dateng, gue naek, dan tidur, sampe akhirnya minivan berhenti di semacam restoran besar buat ngambil selembar form untuk urus imigrasi nanti> Nggak lama kemudian, sampailah gue di batas garis antara Malaysia dan Thailand, dan akhirnya gue melihat plang dengan huruf-huruf keritingnya Thailand.

Di imigrasi yang ini kami ngelewatin 2 loket: loket keluar Malaysia dan loket masuk Thailand. Di loket keluar Malaysia ini, penjaganya agak gemblung, mas-mas yang ganteng aja kagak tapi senyumnya mesum, sekalinya dia nanya adalah "Umurnya berapa, udah kawin?".

Loket kedua, masuk Thailand, yang jaga loket adalah bapak-bapak, dia nggak nanya apa-apa. Yang lucu adalah pas dia ngecap paspornya Linda, dia salah ngasih cap tanggal, dan buat yang suka pernah nonton film Thailand pasti tau kan orang Thailand suka ngomong "Aw~", semacam "Damn!"-nya Thailand gitu lah. Nah, pas bapaknya ngomong "Aw~", gw pengen ngakak #krik

So, nggak lama gue uda resmi masuk Thailand, sekitar jam 6-an gue udah sampe di depan Lee Gardens Hotel. Next time kalo lo nggak tau mau kemana, menurut gue sih amannya turun di sini aja. Tempatnya rame, banyak jualan makanan, dan banyak songthaewnya. Untuk letak penginapannya, apalagi yang murah, gw nggak tau deh.

Sampai di situ, gue juga bingung mau kemana. Gue sama sekali nggak ada bayangan kalaupun mau nginep, mau nginep di mana? Walaupun gue udah punya data hasil browsing untuk penginapan yang harganya sesuai kantong. Akhirnya, gue dan Linda memutuskan untuk nyoba dulu aja ke terminal, siapa tau ada bus ke Phuket. So, pertama kalinya gue naek songthaew adalah di Hatyai ini. Setelah tawar-menawar tarif songthaew ini, si bapak sepakat untuk nganterin gue dan Linda ke bus station untuk 50 baht, untuk dua orang.
Berasa capeek banget, mau foto2 aja nggak selara :'(
Di terminal, pastinya banyak loket-loket. Karena masih gugup dan takut, gw nyebrang ke semacam tour travel gitu. Ibunya ramah, dia bilang ada minivan ke Phuket jam 7, yang artinya sekitar 20 menit lagi, dengan harga 400 sekian gitu lah. Terus gw tawar 350, tapi nggak dikasih. Sepertinya si ibu mengerti kalo kami termasuk turis dengan budget yang ketat, lalu dengan ramahnya si ibu ngasih tau buat beli tiket bus aja, sekaligus ngasih tau letak loket pembelian busnya.

Akhirnya gue nyebrang ke terminal lagi. Ternyata ada bus yang berangkat ke Phuket, jam 7 malem, harganya 376 baht. Itu udah kagak bisa ditawar, gue mau nawar juga udah bingung. Lagian itu bus berangkatnya udah tinggal 10 menitan lagi, yaudahlah, lagipula harganya udah dibawah harga minivan. Gue kira sampe Phuket bakalan pagi, yaa sepagi-paginya jam 5-an lah, ternyata nggak.

Gue sampe terminal Phuket jam 2 pagi. Pagi uthuk-uthuk. Itu juga untung si Linda kebangun pas bus berhenti, dan ngeliat semua penumpang turun dari bus. Gue ikut bangun, lalu turun. Setelah turun dari bus, gue nanya sama ibu-ibu yang gue ajak ngobrol waktu berhenti di salah satu rumah makan sebelumnya, dan.. yak, ini udah sampe Phuket. Gue bingung lagi, ini jam 2 pagi, gw mau ngapain??

Dengan baiknya si ibu nyaranin naek taksi aja, ya karena itu yg paling aman. Tadinya gue mau iseng nebeng si ibu minta anterin, tapi si ibu, yang namanya Meenah, dijemput adeknya, naek motor. Baiklah.

Nggak mungkin banget nongkrong berdua nungguin terang, dua cewek, pagi buta begini di terminal. Satu-satunya jalan adalah gue dan Linda harus menuju penginapan di Patong. Setelah baca referensinya Mbak CK yang katanya bahwa jalanan Phuket-Patong adalah berliku dan naek turun, gue mencoret ojek dan songthaew dari daftar transportasi. Akhirnya gue dan Linda naik taksi dengan harga 450 baht untuk berdua. Enaknya naik taksi, jelas lo bakal dianterin sampe depan penginapan, nggak enaknya? Ya mahal -_-

Setelah muterin beberapa gang untunk nyari Patong Bay House, sampe jugalah kita di sana. Check In, lalu melanjutkan tidur sambil kelaparan.

So, sejauh trip3negara gue, gue menyatakan rentetan momen ini adalah merupakan The Hardest Part dari trip gue. The Hardest Part nggak sama dengan TheWorst Part.

It's just a tough moment, not a bad experience..

0 comment:

Post a Comment