04 March 2013

[trip3negara] Penang, Pinang, or Pineng?

Baiklah, mari kita lanjutkan perjalanan. Emm, terakhir kita, ehm.. gue maksudnya.. udah sampe di KL. Yak, pagi-pagi keesokan harinya, gue sama Linda menuju Penang dengan pesawat AA. Dan.. hampir telat, gue bingung juga sih hampir telatnya kenapa. Apa karena bangunnya telat? Karena busnya lelet? Nggak inget. Pokoknya sampai bandara itu antrean check-in yang buat ke Penang udah kagak ada, tapi memang pas di pesawat penumpangnya dikit banget sik. Di Bandara KL nggak kayak di Singapore yang walaupun lo udah online check-in lo harus masih tetep ke loket buat dapet semacam stempel.

FYI, Penang nggak disebut dengan Penang di Malaysia, mereka bilangnya Pineng. Walau begitu banyak web, blog referensinya juga yang menyebutPenang dengan Pinang. So, is it Penang Pinang, or Pineng?

Balik lagi ke cerita barusan, setelah gue nanya ke loket sebelah, mbaknya nyuruh kami langsung ke pesawat aja lewat Gate sekian, dan disitu gue sama Linda lari-lari, masih dengan kaki kapalan yang gagal sembuh dengan pembedahan sendiri, dengan kaki sengklek abis jalan 2 hari 2 malem, dengan pundak pegel, dan  belum sarapan.

Gue merasa tenang ketika gue udah mendaratkan pantat gue di bangku penumpang. Capek, bingung, dan yang pasti gue laper. Akhirnya pesawat pun jalan, eh, terbang. Gak berasa banget penerbangan KL-Penang ini, bentar.. kagak ada sejam, nggak ngerti harus seneng atau kecewa.

Sesampainya di Penang,  kami disambut dengan bandaranya yang mini dan AC nya bisa buat ngebekuin es lilin. Dinginnya kebangetan apalagi buat ukuran bandara yang sekecil itu. Setelah sampe Bandara di Penang, kami menuju pusat informasi untuk bertanya tentang rute untuk menuju hotel dan terminal. Karena besoknya gue berencana langsung ke Phuket dan untuk amannya dari referensi yg gue baca mending beli tiket sehari sebelumnya, karena buat ke Phuket dari Penang cuma ada minivan.

Buat menuju ke Terminal Sg.Nibong (terminal bus di Penang, jangan lo bayangin terminal ini kayak Terminal Leuwi Panjang di Bandung, apalagi Pulo Gadung nya Jakarta, jauh banget! Terminalnya sepi!) bisa naek bus yang pembelian tiketnya langsung diatas bus sama supirnya sendiri. Tarif bus tergantung jarak, rata-rata 2 sampe 5 ringgit, jadi siapin recehan. Biasanya sih kalau penduduk lokal, beli tiketnya langsung masukin duit seharga tiket ke semacam kotak mirip celengan dulu, jadi kalo lo nggak ada receh dan butuh kembalian, agak ribet. Tapi sejauh ini, supir bus di Penang friendly-friendly untuk tetep ngasih kembalian, walau ribet buat sebagian turis yang nggak punya receh, macam gue.

Yup, seperti terminal dimanapun, gue langsung di deketin beberapa calo buat nawarin tiket rute bus ke Kuala Lumpur, yakaliii ditawarin balik lagi. Gue nggak percaya sama tampang-tampang calonya maka gue nggak pake nanya-nanya dan langsung naik ke lantai atas buat nyari loket bus yang resmi. Sampai lah di loket ujung, yang jualan ibu-ibu. Gue membeli tiket minivan buat ke Phuket jam setengah 9 pagi seharga 70 ringgit, setelah itu gue menuju hostel.

Itupun yaaaa, menuju hotel masih pake nyasar dulu, padahal kepala gue udah kliyengan gegara kepanasan dan kelaparan. Umm, berapa kali sih gue menyebut kata lapar dalam podtingan trip3negara gue ini?

Gue dan Linda sudah booking kamar di Tune Hotel yang lokasinya berada di dekat KOMTAR. Buat yang nggak tau apa itu KOMTAR, gue kasih tau yah.. KOMTAR itu adalah semacam bangunan, entah isinya apa, yang pasti bawahnya ada supermarketnya. Mau liat KOMTAR? Cari aja bangunan mirip tower paling tinggi di Penang, nah itu KOMTAR.. jadi KOMTAR bukanlah semacam jenis kendaraan atau halte atau KOMedi puTAR. Jangan terkecoh seperti.. gue!
Nyooh! *lempar KOMTAR*
Jadi, gue dengan sotoynya menyimpulkan Tune Hotels berada di daerah George Town, karena letaknya berdekatan dengan suatu monumen yang namanya mirip dengan suatu monumen di daerah George Town. Kesotoyan gue mengakibatkan gue dan Linda harus nyasar dulu walaupun naik bus gratisan. Kami sempat transit di terminal Bus Rapid. Udah lah yah, gak usah diceritain nyasarnya. Pokoknya nyasar aja. Udah nyasar, laper, panas, bawa tas gede! #marah #ngambek #mutung #bantingdispenser

Sesampainya di hotel, kami masih belon boleh check in. Check in time nya jam 1 siang, kami sampe sana sekitar jam 11-an. Karena nggak kuat lagi, dan karena nggak mau bayaar 10 ringgit buat biaya penitipan tas di hotel, maka gue dan Linda menggembol tas lagi menuju tempat makan Nasi Kandar Al-Hass yang masih selurusan jalan hotel.
Penyelamat perut gw :')
Actually yah guys, Nasi Kandar itu.. yaa.. nasi dengan berbagai macam lauk-pauk. Nasi Padang lah. Bedanya? Bedanya.. emm, beberapa menunya mungkin. Nasi Kandar ini campuran masakan Melayu dan India yang mana sama-sama pake banyak rempah kayak masakan Padang jadi yaa mirip-miriplah. Nggak mahal juga kok kalau menurut gue, asal jangan dibandingin sama warteg langganan yang sekali makan cuma 5000 rupiah aja. Makanan pertama gue di Penang siag itu adalah nasi putih, ayam bumbu pedes, sama teh manis, semuanya 4,7 ringgit (kurs-in sendiri ah, males~)

Ketika akhirnya sampe di hotel, gue dan Linda mencanangkan beberes, mandi, nyuci baju bentar, mumpung ada tempat buat ngeringin, lalu jalan-jalan ke George Town terus lanjut ke Gurney Drive. Ya! Itu rencananya.

Kenyataannya?? Selagi gue nyuci, Linda tidur. Selesai gue nyuci, gak lama Linda bangun terus mandi, dan.. gantian gue yang tidur kayak orang pingsan. Hingga akhirnya menyisakan Linda yang udah kece dan gue yang masih pake kaos ama sarung dengan muka bengep. Nice~

Karena udah terlalu sore, maka George Town akan sangat realistis kalo dicoret dari rencana perjalanan. Sayang memang, kapan lagi ke Penang? Tapi ya gimanaaa. Museum Pinang Peranakan Mansion tutup jam 5, ke gereja juga males kalo udah malem. Maka setelah gue berdandan keren biasa aja, kami langsung menuju ke Gurney Drive.

Tune Hotel ini juga termasuk deket sama terminal kecil Bus Rapid. Btw, Bus Rapid ini ada nomornya, masing-masing punya asal dan tujuan yang beda, atau asal dan tujuan yang sama dengan rute berbeda. Don't worry, tiap jalur bus ada plang rutenya dan penunjuk daerah-daerah favorit, beserta nomor bus mana aja yang bisa dipake buat kesana.

Hampir setengah penumpang bus turun di Gurney Drive. Waktu itu gue sampe sana sekitar jam 6, apa jam 5 yak? Masih terang pokoknya. Gurney Drive itu semacam tempat makan, outdoor foodcourt yang sebenernya nggak gede-gede amat tapi letaknya di seberang pantai dan makanannya beragam banget. Buat yang orang atau pernah ke Makassar, letak Gurney Drive ya kayak tempat makan di daerah Pantai Losari, cuma ini outdoor dan memanjang dan (lagi) kios makanannya banyakss~
Aku dan Pantai kering -_-
Di Gurney, yang pertama gue beli pancake pisang, yang mana rasanya seperti kue pukis pipih bundar di kasih pisang.
Terus, gw makan Rojak, Jadi ada banyak pilihan gorengan, mulai dari bakwan udang, tempura, gorengan bawang, sampe peyek bersusun di kiosnya. Terus kita ambil di piring, di kasihin ke bapaknya yang megang pisai gede, gorengannya dipotongin sama bapaknya, diletakin ke piring plastik, di kasih Pasembur, yaitu irisan/serutan timun sama kuah sambel merrraaaahhh,  Terus.. nah.. ini bagian terburuknya.. Bayar!
Sampe sekarang masih bingung. Pasembur iku opo, cuk? Ada yg tau?
Rasanya? Mm, pertama sih enak, tapi menurut gw kuahnya terlalu manis, gue udah enek setelah beberapa suap. Alangkah lebih enaknya kalo itu kuahnya pedes dan itu serutan timun diganti serutan mangga muda. Sluurp :9
Merahnya itu menggoda banget, sayang manis :"
Yang ketiga, gue makan Asam Laksa yang rasanya..... beneran uasseeeemm! Aselik! Asem! Gue Nggak tau dah, apa emang normalnya kayak gitu. Mm, gue nggak suka.
ASEM!
Yang keempat, gue beli susu kedelai. Susu kedelai rasanya ya gitu itu lah ya.. gak usah diceritain, standar.

Setelah kenyang makan dan liat-liat, gue dan Linda nyusurin sepanjang jalanan menuju arah Gurney Mall. Makin kesana makin banyak kafe dan tempat makan kelap-kelip. Nggak, gue nggak mampir, dompetnya nggak shanggup kakaak~

Selesai di Gurney Drive, terus kami langsung menuju ke.. Pulang, ke hotel.
Tidur nyaman. Sampai besoknya terjadi bencana, heu~

0 comment:

Post a Comment