24 January 2013

[trip3negara] : Batu Caves, Petronas yang fotogenic, dan Cumi-cumi

Sesampainya di Fern Loft, belum bisa check in karena datengnya kepagian. Gue nitipin backpack di sana dan cuma ngebawa tas jinjing buat jalan-jalan. Tujuan pertama adalah.. Batu Caves. Kenapa Batu Caves? Gegara liat hasil browsing, kayaknya tempatnya bagus sih. Sebelum menuju ke Batu Caves, gue makan dulu di.. emm.. semacam warteg di pinggir jalan gitu, di depan semacam mall tua yang sepi banget.

Di sana gue makan nasi, telur dadar, sama kuah apa gitu, minumnya teh. Kalo di Malaysia Teh itu adalah teh dan susu, sedangkan teh manis biasa dibilangnya Te'o. Dan harga menu sarapan pagi itu adalah 4.3 Ringgit.

Setelah kenyang, gue langsung menuju halte Pasar Seni, setelah sebelumnya sempet mampir ke kios hape buat beli iPhone 4S sim card baru. Dari halte Pasar Seni - naik LRT yang ke arah KL Sentral, dari sana baru nyambung naek KTM Komuter langsung tujuan Batu Caves. Kendaraan di Malaysia ini.. lebih beragam dibandingin yang di Singapore. Di sini ada MRT, LRT, monorail, KTM komuter. Beberapa rute tertentu nggak bisa dijangkau dengan satu jenis angkutan aja. Misalnya ya rute Petaling - Batu Caves ini tadi.

Sampe di Batu Caves pas tengah hari. Matahari selurusan ada di atas kepala. Panassss!

Batu Caves ini adalah wisata tebing. Inti Batu Caves sendiri merupakan kuil Hindu. Saat gue ke sana banyak orang lagi sembahyang, kurang ngerti juga sih itu emang rutinitas atau ada perayaan tertentu. Tapi gue selalu seneng tuh merhatiin tata cara sembahyang orang-orang, syahdu aja rasa nya.
Batu Caves
Buat naik ke kuilnya, perlu ngelewatin tangga yang lumayan banyak. Eh.. nggak banyak deng, cuma karena dari bawah udah nggak boleh pake sepatu, maka momen ketika telapak kaki menginjak langsung ubin yang terpapar matahari siang bolong itu berasa... mak nyoss.. berasa pengen nyari es batu terus nempelin kaki gw di sana.

Sampai di atas liat banyak orang juga yang foto-foto, berarti boleh dong ngambil gambar di sini. Beberapa orang ada juga yang sembahyang, ada juga.. emmm.. apa ya.. yang jaga kuil mungkin (ah, maap kalo gw salah..) lagi nyanyiin lagu-lagu pemujaan yang biasanya cuma gw denger di film India.

Terus ketika udah agak lamaan di situ, gue sama Linda duduk-duduk. Pas menuju keluar kuil untuk turun, ada ibu-ibu yang nyamperin Linda, gue masih agak jauh dari Linda, jadi nggak begitu ngeh si ibu-ibu itu ngomong apa. Pas udah dibawah gue nanya ke Linda, tadi diomongin apaan? Soalnya muka ibunya serius gitu tadi.

Kata Linda, si ibu berkain sari lengkap dengan aksesorisnya itu nanya: "Lagi "kotor" ya?" Maksudnya lagi dapet. Si Linda bilang "iya". Terus si ibu ini bilang "Iya, pas tadi kamu lagi duduk, saya ngeliat. Lain kali kalo lagi kotor nggak boleh masuk sini ya.. soalnya ini tempat sembahyang.."

Gue lupa, si Linda lagi dapet. Memang nggak boleh masuk kuil kalo lagi dapet, waktu di Bali juga pernah di kasih tau. Tapi.. masih terheran-heran, hebat bener si ibu.. bisa mendeteksi orang yg lagi dapet.

Dari kuil itu, gue jalan lagi menuju ke.. mm.. apa yak.. tempat pintu masuk Goa di Batu Caves ini. Yak, ke Cave nya. Untuk naek ke Goa yang diatas ini lumayan tinggi.. banget. Untungnya kagak pake nyopot sepatu. Karena diatas isinya ada tempat sembahyangnya juga, Linda gak ikut naek, jadi gue sendirian, ngos-ngosan naek turun tangga, kepanasan, dan air minum gw abis. JOSS!

Sampinya di atas, ternyata bagian goa nya cuma secuil kecil aja, nggak panjang kayak Goa Lowo di Trenggalek, misalnya. Jadi.. yaudah.. nggak ada 20 menit gw di sana, gue langsung turun lagi. Pas turun lebih ngeri, nggak tau karena panasnya nyengat banget atau ukuran tangganya yang kecil-kecil, atau gue nya yang nggak sadar buru-buru pengen sampe bawah, gue sempet beberapa kali mau jatuh nyusruk. Untungnya nggak jatuh. Nggak kebayang kalau sampai jatuh gegulungan di tangga dari ketinggian kayak gitu.

Pulang dari Batu Caves, langsung banget menuju hostel. Mandi, ganti baju, dan sempet melakukan pembedahan ringan, nyahahaha.. Kenapa? Kaki gue kapalan.. emm, bukan kapalan sih, helikopteran mungkin #krik . Jadi karena selama 2 hari ini kaki gue dipaksa jalan jauh, dengan memakai sepatu, maka kelingking kaki kanan dan kiri gw melendung, dan ber-air. Karena rasanya mengganjal tiap dipake jalan, maka gue minjem jarum punya linda, gue olesin hand sanitizer di jarum dan kaki gue, terus gue tusuk ke bagian yang ber-air, terus gw pencet sampe kempes, terus gw plester.

Selesai mandi, perjalanan dilanjut menuju... KLCC. Yup, the Twin Tower, yang kalau mengutip kata bule yang gue denger di LRT siang tadi "It's so beautiful at night". Sampe halte KLCC, yang langsung nyambung ke dalem KLCC, sekitar jam setengah 7-an. Dan ternyata di luar sana hujan. Jadilah gue muter-muter di dalem Petronas ini dulu, sambil ngambilin tester makanan gratis. Ah, cuma dapet tester yoghurt doang, sekali.
Mall KLCC nya, sayang pas gw kesana puncak towernya tutup :|
Setelah hujan agak reda, gue keluar untuk melihat Twin Tower, dan... Yak. Cantik! Lampu-lampunya si Twin Tower ini cocok banget sama langit malam sebagai backgroundnya. Keren! Hujan udah bener-bener berhanti, di seberang orang-orang yang pengen foto sama Twin Tower ini juga udah mulai rame. Gue juga ikutan ngeramein.

Si Twin Tower ini.. fotogenic banget. Ya itu tadi, kalo dibandingin dari hasil browsing, saran gue.. kesana lah pas malem, lebih keren, lebih cantik, lebih WAH lah pokoknya..
Cantik, keren, fotogenic. Mantap lah si Twin Tower ini!
Pose dulu boleh kakaakk~
Sekitar jam 9-an, gue dan Linda hengkang dari sana, kembali menuju ke arah hostel, tapi nggak langsung balik. Mampir dulu ke Kasturi Walk, yang sepi banget, dan ke Chinatown yang tempat banyak jualan makanan, buat makan malam tentunya.. Tapi ya, Chinatown Singapore lebih rame dari yang di Kuala Lumpur.. Mmm, apa karena waktu gue ke Chinaton Singapore itu hari minggu, dan yg di KL pas hari senin??

Menu makan malam kali itu adalah.. Cumi-cumi. Tergiur gara-gara lihat proses bakar-bakarannya yang pake alumunium foil, terus di panggang kayak bakar sate, ditambah yang makan di sana itu rame banget, dan emang wanginya enaaaaaakkk banget. Pertamanya sih nggak mau pesen cumi-cumi, niatnya pesen menu ikan, harganya murah tapi isinya dua, tapi lagi, kata masnya lagi abis. Maka alternatif kedua adalah cumi yang porsinya lumayan, kayaknya enak, dan harganya nggak terlalu mahal. Harga seporsi cumi itu 13 Ringgit, yang lalu kita bagi dua, plus nasi seporsi (ini sendiri-sendiri, kagak dibagi 2) yang harganya 1 Ringgit.

Cuminya... enak.. banget. Emm, pas sih rasanya. Di situ ada sayur yang tadi nya gw kira itu adalah cabe ijo, tapi setelah gw makan, ternyata bukan, apa yak.. rasanya kayak terong, tapi lebih keras. Oiya, di sana gw juga beli Air Mata Kuching, yang gw baru tau, kalo itu adalah minuman air sama gula dan ada lengkengnya, padahal di Bandung juga ada sih, tapi gue nggak pernah beli.

0 comment:

Post a Comment