02 May 2013

[trip3negara] Phuket-PhiPhi : Akhirnya Ketemu Laut!

Dari keseluruhan trip yang gue jalanin selama kurang lebih 10 hari ke 3 negara yang terbagi ke beberapa kota, gue merasa paling seneng pas gue jalan di Phuket-Patong. Mungkin karena emang pada dasarnya gue emang seneng laut dan pantai.

Gue dan Linda baru bangun dan memulai aktivitas sekitar jam setengah 9-an. Setelah mandi dan siap-siap, kami  mebuka notes kecil yang isinya tempat-tempat bagus apa aja yang mungkin dikunjungi di Patong dan Phuket dan sekitarnya. Sesuai rencana, gue sama Linda emang mau nyewa motor buat keliling-keliling. Kenapa? Supaya flexibel mau kemana aja, lewat mana aja, kapan aja. gitu..

Dan yah, gue sebenernya paling seneng jalan-jalan nyusurin kota, pegunungan adau pesisir naek motor. Enak aja. Yang nggak gue seneng adalah bagian pake helmnya, tapi rasanya kalo nggak pake helm juga gue kok was-was. Gitu lah.

Di kanan-kiri penginapan banyak semacam mini-cafe atau apapun itu yang hampir semuanya menyediakan sewa motor. Jadi, saran gue kalo lo kesana dan mau nyewa motor dan mau nyari tarif paling murah, jangan males jalan kaki. Lo bisa jalan nyusurin toko-toko yang biasanya masang plang kecil "For Rent" diatas motornya. Tanyain aja tarif motor di tiap toko, walaupun kita cuma nanya-nanya aja mereka tetep senyum dan menjawab pertanyaan kita dengan ramah kok. Ya, asal lo nanyanya jaga pake komuk ngajak berantem juga, sih.

Keep smile, bruv, walaupun dikasih harga bukaannya rada mahal. Nggak ada orang yang seneng dijutekin. Biasanya kalo kita senyum dia juga nawarinnya enak, kalo ditawar lebih murah lagi masih belum dapet yaudah, bilang aja kita masih mau jalan dulu, ntar kalo jadi ke sini lagi. Setelah nanya di hampir 4 tempat, akhirnya gue nyewa di.. entah itu salon kayanya tapi belum buka.

Disitu gue dapet harga sewa motor 300baht buat berdua, udah ada bensinnya setengah, buat 24 jam. Setelah ngisi formulir tentang data diri gitu, salah satu dari kita disuruh ninggalin paspor. Sebenernya gue agak kurang sreg dengan disuruh ninggalin paspor. Ya gimana, paspor itu ibarat nyawa kedua di luar negeri, kalo ada apa-apa ribet banget pasti. Anw, paspornya Linda yang akhirnya dijadiin jaminan. Mungkin lain kali nyoba buat nyimpen fotokopiannya aja buat jaminannya boleh nggak ya?

Akhirnya, urusan paspor selesai, kami dapet motor Scoopy. Namanya motor sewaan pasti gak mulus kayak motor sendiri, tapi udah lmayan banget lah kalo dipake buat jalan-jalan. Oiya pinjem helm juga, biasanya tempat sewaan pasti punya kok. Dan yaa jaga-jaga aja, nggak lucu juga kalo kena tilang gegara nggak pake helm.

Tujuan pertama kami adalah.. ke bawah, ke daerah pepantaian. Jadi gue dibonceng Linda nyusur dari Pantai Patong - Pantai Karon - Pantai Kata - Pantai Kata Noi. Sempet berhenti di Pantai Patong dan ke bank setempat buat nukerin dollar ke baht, gegera baht yang kemaren udah buat dipake beli tiket minvan yang.. *sigh* yah, liat di postingan sebelumnya aja. Sedih gue mau cerita ulangnya.

Perjalanan sepanjang nyusurin pantai-pantainya itu keren banget. Jadi jalanannya naik turun tebing gitu, kadang-kadang dari tikungan yang agak landai kita bisa liat laut biru, sampingnya pohon-pohon ijo. Gue paling seneng banget liat yang kayak gini, melonjak-lonjak gitu rasanya hati gw, rasanya.. aahh~ seneng lah pokoknya.
LAUT!!!! AAAAA~~
Sarapan pertama pagi itu, bihun #pfft
Setelah sampe ujung, Kata Noi, gue sama Linda memutuskan untuk nggak nongkrong, selain nggak niat berenang-berenang, pas sampe sana pas lagi tengah hari bolong juga. Itu sama aja ngegosongin kulit.

Gue sama Linda menuju Big Buddha, di Phuket.

Perjalanan Patong - Phuket naek motor ternyata berasa agak jauh, beda sama pas naek taksi kemaren. Sampai di Phuket banyak kok plang menuju ke Big Buddha, cuma untuk menuju Big Buddha itu memang jalurnya agak belok ke jalanan yang lebih sempit dari jalan raya utama. Selanjutnya perjalanan adalah pegunungan, yang belok-belok, nanjak, sejuk. Di tengah jalan kami sempet berhenti buat beli minum karena haus banget, dan isi bensin di warung. Harga bensin disana sama aja kayak disini.

Rindangnya perjalanan menuju Big Buddha yang rindang itu beda banget pas udah sampe atas. Di atas panasnya luar binasaaaahh. Panas, mataharinya nyengat, aselik!

The Big Buddha itu adalah Patung Buddha besar, yaiyalah dari namanya aja udah ketahuan. Pas gue kesana kemaren sih masih ada renovasi gitu. Saking gedenya patung Buddha dan karena letaknya yang diatas bukit tanpa adanya banyak penghalang, membuat The Big Buddha ini udah bisa kelihatan dari bawah, dari jalanan kecil yang menuju ke sana.
Big Buddha
Selebihnya di  Big Buddha ini isinya adalah yaa.. tempat ibadah. Jadi ada satu ruangan yang disitu ada biksunya, dan siapapun bisa dateng kesana untuk berdoa sambil ntar abis itu dikasih gelang dan dipercikin air suci gitu sama biksunya. Gue pengen nyoba tapi kok malu, hahaha, gue cuma pengen gelangnya aja sih :p

Disana ada POHON DUIT. Pohon duit, men!! Haha, nggak, bukan pohonnya yang tumbuh duit, jadi di pohon itu digantungin banyak duit. Ada dua pohon, Pohon buat Ayah sama Pohon Buat Ibu. Ada juga mangkok-mangkok tembaga buat nyimpen recehan sumbangan dari pengunjung, jumlah tepatnya gue lupa ada berapa, pokoknya mangkok-mangkok itu terletak ngelilingin meja panjang.
Pohon duiit~
Di sana gue sama Linda ketemu sama Bapak Tua yang gue juga nggak tau namanya siapa. Kami ngobrol-ngobrol gitu sama dia. Katanya dia itu ngajar di salah satu universitas di Thailand dan sudah Profesor. Bapak itu juga bilang kalo dia itu masih jadi pelatih bela diri. Agak sangsi, tapi untuk penampakannya yang setua itu, si Bapak masih kelihatan bugar banget sih. Lucunya, dia ngira si Linda dari Malaysia, dan ngira gue entah gimana ada turunan India, katanya hidung gue mancung, HAHAHAHA, ngece dia.

Oiya, ke Big Buddha ini gratis, parkir aja kagak bayar.

Soo, dari Big Buddha, gue langsung ke Wat Chalong, nggak jauh dari jalan raya tempat belok menuju Big Buddha tadi. Disana.. yaa, sama, kuil juga.
Lucu aja liat anak sekolahan potongan rambutnya sama semua, pengen gue teriakin: CULUN!

Entah ini foto pre-wed atau pasca-wed

'Penthouse' Wat Chalong: buat sembahyang sama nyelipin duit. duit~~

Back to pepantaian
Dari Wat Chalong, baru deh kita maen ke Pantai Patong. Pantai Patong rame bangeet.


Rame sama payung sih sebenernya. Kalo mau duduk di bagian berpasirnya harus agak maju dikit, beda sama Kuta.
Di sana banyak yang jual minuman, kayak Fruit Punch gitu, yang jual pake sepeda mondar-mandir. Akhirnya gue tergoda. Karena udah haus banget, dan cuaca juga mendukung. Di Pantai Patong gw cuma duduk aja, ngeliatin laut, dan lalu galau, haaaah..
Sedikit pemandangan di sore itu

Merasa cukup dengan jalan-jalan hari itu gue dan Linda balik ke penginapan.

Malemnya, gue sama Linda nyari makan sampe ke Pantai Patong. Disana kami beli Pancake Nutella, yang mirip crepes tapi lebih enak. Terus beli nasi sama ayam bakar yang dijual di semacam mobil losbak di pinggir jalan. Dan ternyata, sampe penginapan, itu bukan nasi, itu nasi ketan. Gue sedih, tiba-tiba gue kangen makanan di sekitaran kosan. Ini ttitk homesick gue yang pertama.
Nasi. Ketan yang bikin pengen balik

0 comment:

Post a Comment