28 September 2013

That 'Trip'

"Masrum, masrum," seorang pemuda lokal mengatakan itu berkali-kali ke temen gue. Gue bingung, maksudnya mushroom kan ya? Jamur kan ya? Gue bingung, kenapa di pantai kok ada yang nawarin jamur? Waktu itu gue masih lugu #tsaah . Sampai akhirnya gue memperoleh penjelasan, mushroom yang dimaksud itu adalah magic mushroom.

Magic mushroom itu bisa bikin mabok, terus gue ntar jadi beler, cuma itu yang kebayang di otak gue. Temen gue yang udah mencoba, cerita tentang pengalaman trip nya dia, dan gue langsung berpikir "Anjir, seru parah, gue kudu nyobain.".

Di Kuta, mas-masnya nawarin 70ribu buat satu porsi/paket, satu porsi biasanya buat satu orang. Si jamur itu bisa dimakan langsung, dibikin omelet, atau di blender bareng soda macem coca-cola fanta dan sebagainya. Malem itu, nggak ada yang berani beli dan nyoba, selain jiper karena harganya, semuanya masih takut-takut.

Minggu setelahnya, dibelilah jamur-blender-campur-fanta di suatu tempat, gue lupa nama jalannya, tapi di deket Kuta juga. Harganya jauh lebih murah, 15ribu seporsi. Untung minggu kemaren nggak jadi kebeli. Ada gue, Mawar, Melati, dan Bunga yang beli jamur, 3 temen lainnya nggak beli. Bagus juga sih, biar ada yang ngejagain, mana tau ntar tingkah gue aneh-aneh.

'Jus' jamur tersebut ditempatin di botol bekas air mineral. Setengah gue minum di mobil, setengahnya lagi gue abisin, di mobil juga, pas udah mau sampe kosan. Kata temen gue, butuh setengah-satu jam buat si jamurnya bereaksi setelah diminum.

Sepuluh menit, lima belas menit, dua puluh menit. Gue masih anteng-anteng aja. Semuanya berubah ketika gue yang masih asik chatting di hape tiba-tiba ngeliat semua huruf di layar gue goyang, kayak joget. Di situ gue masih bisa bercanda, gue bilang "Wah, kok huruf di BB gue goyang yak? Hahaha.."

Lama kelamaan, badan gue dingin, kaki gue berasa lemes banget, kepala gue mulai enteng. Gue takut. Kamar kosan letaknya di lantai dua, nggak lucu banget kalo gue ntar lemes terus nggak kuat naik tangga, seketika gue nyesel kenapa tadi gue minumnya nggak pas udah sampe kosan aja. Heu.

Ketika sampai kosan, gue langsung buru-buru menuju kamar dan langsung duduk di kasur. Badan gue makin dingin, makin lemes, perut gue rasanya mual, tapi nggak mau muntah. Jadi sampai penjabaran gue ini, apakah ngejamur itu nggak enak? Weits, tunggu dulu..

Pipi gue rasanya kayak ketarik, bibir gue jadi pengen senyum terus, lihat apa-apa berasa lucuuuu banget. Gampang banget buat ngetawain hal-hal nggak penting. Ngeliat muka temen gue, ketawa. Ngeliat tas, ketawa. Ngeliat tivi nggak nyala, ketawa. Temen gue sampe serem sendiri katanya ngeliat gue ketawa-tawa melulu.

Kemudian, ketika udah bisa ngontrol ketawa, sambil sok cool gue ngeliat-liat foto di kamera. Muka di foto-foto itu jadi gambar-gambar meme yang kayak di 9gag, ada yang jadi kayak karikatur, jadi dongo-dongo banget lah fotonya. Gue senyum-senyum dongo lagi. Badan gue mulai agak gemetar, pengennya dibawa bergerak, dan itu kayaknya enak banget kalo dibawa joget. Di tambah lagi satu kawan gue yang nggak nge-jamur muterin lagu yang enak banget, nggak kuat. Tapi mau joget takut malu-maluin.

Oh iya, nge-jamur itu sebenernya nggak mempengaruhi otak untuk berpikir. Gue masih bisa berpikir, bakalan malu apa nggak, apa yang mau gue omongin. Boong kalo lo nge-jamur terus jadi bisa ngomong jujur atau meracau kayak orang mabok. Nggak. Cuma itu tadi, kadang sulit buat milih harus jaim atau ngikutin reaksi jamur ini? Karena kalo ngikutin, pasti ada aja hal konyol yang pengen dilakuin, kalo jaim yaaa.. tripnya jadi kurang maksimal sih, hehehe

Lantai kamar kosan yang warna krem, seketika berubah jadi keren banget. Seakan dibuat dari beberapa lapisan kaca transparan gradasi dari bening ke coklat, tiap lapisan ada ukirannya. Keren banget, sampe sekarang gue masih inget bentuknya, sayangnya gue nggak jago gambar. Ketika gue ngeliat ke atap, berasa ada pesawat alien yang lagi nyorot gue pake lampu, semuanya berasa terang banget.

Halusinasi itu bahkan tetep ada ketika gue merem. Gue ngeliat banyak warna-warni bentuknya abstrak, kayak nari-nari, bagus banget. Kemudian gue nggak heran kenapa banyak seniman yang suka ngetrip dan lalu menghasilkan karya yang keren. Gue sendiri yakin gue nggak bakal bisa mengimajinasikan hal keren kayak gitu saat gue sadar.

Kulit jadi peka banget terhadap tekstur sesuatu. Misalnya gue meraba dinding, disitu bisa kerasa banget kalo permukaan tembok itu kasar. Sentuhan seujung jari ke pipi aja bisa berasa yang kepegang itu satu muka. Gue waktu itu seneng banget megangin idung gue sendiri, nggak tau.. idung gue berasa mulus dan mancung banget. Hahahaa, itu mah ngarep yak.

Puncak efeknya itu ada 2 jam setelah efek pertama muncul. Kepala gue rasanya penuh. Telinga gue peka banget sama bunyi-bunyian. Gue ngedengerin musik lewat earphone dan seakan bisa mendengar bunyi apa aja yang ada di musik itu satu per satu. Sempet lah gue ngerasa beneran lagi kejar-kejaran di pantai sama Westlife pas gue dengerin lagu mereka, dan itu rasanya beneran nyata.

Masih sempet gue ngetik di hape buat nulis apa yang gue rasain waktu itu, gue ngeliatin jari-jari gue dan rasanya jari-jari yang ngetik itu bukanlah bagian dari tubuh gue. Seakan-akan jari-jari itu bergerak bukan karena gue yang ngegerakin. Badan gue terasa seperti patahan-patahan yang nggak tersambung. Huruf di handphone gue terefleksi semua, jadi kebalik-balik gitu, 's' jadi kayak 'z', dan seterusnya.

Mata gue makin kacau, dimana ketika temen gue menunjukkan angka dengan jarinya, dan bertanya "Ini berapa?" gue nggak bisa jawab, karena di mata gue tangan dia dan jarinya itu kayak goyang, kadang-kadang  jarinya bertambah, kadang-kadang berkurang sendiri. Karena bosen cuma tiduran doang, gue iseng nyobain jalan dan ternyata keseimbangan gue juga jadi kacau. Gue nggak bisa jalan lurus mengikuti garis yang ada di lantai. Gue seakan jalan di balok kayu yang kecil banget dan setiap gue nyoba jalan lurus, gue kayak mau jatuh ke sisi kanan, atau ke sisi kiri.

Rasanya tuh kayak takjub sendiri ngeliat fungsi tubuh gue bisa ter'ganggu' sampai segininya. Ya karena pada dasarnya otak gue sadar ini cuma perjalanan trip, tapi keren aja menyadari bahwa gue seakan bisa melihat 'dunia lain' yang bahkan nggak pernah gue imajinasikan sebelumnya.

Rasa mual masih tetep ada, tapi gue nggak bisa muntah. Kamar mandi berubah jadi suatu ruangan yang tinggi banget, dan gue terperangkap di dalamnya, kayak kamar kurungan. Begitu juga ketika gue menadangkan tangan gue dibawah air yang ngalir dari kran, rasannya gue bisa ngerasain gimana si air itu jatuh ke tangan gue dalam waktu yang lebih lambat. Air itu berasa kayak kain halus.

Gue akhirnya telentang, lagi, di kasur. Di situ gue ngerasa badan gue kayak memanjang, melar-melar sendiri. Asik deh. Gue ngangkat-ngangkat tangan gue, berasa tangan gue sampai ke atap dan bisa meliuk-liuk kayak ular.

Si Melati heboh sendiri megang-megangin muka. Belakangan dia bilang, tiap dia megang mukanya itu berasa kayak dia megang pasir kering gitu. Jadi kalo dia ngusap mukanya, seakan-akan mukanya tuh ikut kebawa nempel di tangannya dia gitu. Semaleman kerjaannya ngomongin kata-kata yang sama; "Gue dibego-begoin tukang jamur." Itu diulaaaaang mulu, sampe yang dengernya aja bosen.

Ada disorientasi waktu yang gue rasain. Ada kalanya ketika gue cuma diem, merem, ngeliat banyak warna dan itu rasanya lamaaaa banget, kayak udah satu jam, padahal baru 3 menit. Sebaliknya, ada yang kayaknya cepet banget cuma beberapa menit, padahal itu udah setengah jam.

Dan selanjutnya begitu terus, semuanya berulang sampe lama-lama gue ngerasa cukup sadar, semua halusinasi perlahan-lahan menghilang. Semuanya kembali membosankan.

Dari hasil cerita-cerita sama yang pernah ngejamur, pengalaman trip tiap orang ternyata nggak sama. Ada yang isi tripnya bokep semua, ada yang isi tripnya cuma warna-warna dalam imajinasi aja, ada yang isi tripnya ngeliat makhluk-makhluk aneh gitu, ada yang isi tripnya tiba-tiba merasa dirinya adalah detektif atau apapun itu, ada yang isi tripnya cuma marah-marah, malah nangis.

Tapi, dari pengalaman gue dan cerita-cerita sama yang udah pernah nyobain, ada caranya supaya trip lo menyenangkan:

1. Pastikan ada temen yang sadar untuk ngejagain, in case kita bener-bener menikmati trip kita sampai nggak sadar ngelakuin hal yang berpotensi untuk mempermalukan dan membahayakan diri sendiri atau orang lain.

2. Pastikan yang jual jamurnya terpercaya.

3. Makan dulu! Enaknya sih, sejam sebelum mengkonsumsi jamur, biar ketika lo ngetrip, lo nggak lemes atau kecapekan, dan nggak terlalu mual.

4. Pake baju yang nyaman. Beresin kamar atau lokasi ngetrip nanti, biar apa? Biar meminimalisasi kemungkinan lo cidera gara-gara hal nggak penting, nginjek pisau sampai kaki lo sobek misalnya.

5. Pipis, boker, cuci muka, bersih-bersih lah pokoknya. Balik lagi, biar nyaman aja.

6. Siapin playlist lagu yang asik. Lagu-lagu kesukaan lo, atau lagu yang enak banget buat ngetrip, googling aja.. banyak kok. Semacam ini : What is some good tripping music?

7. Yang paling penting: Set mood lo seceria mungkin, entah dengan ngobrol-ngobrol konyol bareng temen lo dulu, nonton film lucu, apapun itu.. Atau, ngejamurlah saat mood lo emang lagi bagus. Mood yang lagi galau, sedih, marah, dan semacamnya cuma bakal bikin trip lo mengerikan, percuma. Mood yang bagus adalah kunci trip yang asik.

8. Yang maha penting. Let it flow, jangan ditahan. Ikutin aja ritme tripnya kayak apa.


Thanks for reading.
Have a nice trip~
Categories: ,

1 comment:

  1. Lagi enak jamur. Keyword yang bawa gue ke sini. Hahah

    ReplyDelete