19 October 2013

Oh, Indonesia? Wonderful Indonesia

Apa sih yang pertama kali dicari orang kalo dia mau berangkat liburan?
Duit? IYA!
Destinasi liburan? IYA!
Temen travelling? ! BISA JADI!
Artis? TIDAK TIDAK!!
Penyanyi? TIDAK TIDAK!

INI APA SIH?! Gue mau bilang, satu hal yang pasti dicari sebelum berangkat travelling adalah: Informasi mengenai destinasinya. Gue mau kemana? Ada apa di sana? Kenapa banyak orang merekomendasikan tempat itu? Akomodasinya? Dan yang paling penting.. apakah tempat itu mencontreng semua list yang gue cari dalam liburan? Misalnya, apakah di tempat itu gue bisa memenuhi hasrat liburan gue untuk pergi ke tempat yang pasirnya putih, lautnya biru, dan nggak terlalu ramai. Tempat dimana gue bisa duduk berjemur, ngelamun jorok, dengerin suara ombak, sambil minum es kelapa muda.

Well, katanya sih, rumput tetangga lebih hijau daripada rumput di halaman sendiri. Yak, bisa jadi, atau mungkin kita yang nggak kenal dengan halaman kita sendiri dan cuma ngelongok ke halaman tetangga yang pemilik rumahnya ganteng, sixpack, tinggi, berotot, murah senyum, baik hati, ramah. Ehehehe, sorry, I'm way too far..

So, untuk itulah indonesia.travel ada. Sebuah web yang merupakan tindakan nyata dari Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (atau biasa disingkat: Kemenparekraf) buat mempromosikan dan memajukan pariwisata Indonesia. Web yang dihadirkan buat nunjukin betapa Wonderful-nya Indonesia. Betapa hijau, segar, dan kinyis-kinyisnya rumput kita.

Buat kamu yang udah pernah maen ke webnya indonesia.travel, pasti ngerti apa yang gue rasain, buat yang belum, cobain deh.. abis itu pasti pengen langsung cari tiket, packing, terus jalan-jalan.

Disambut dengan halaman depan yang isinya thumbnail foto-foto tujuan pariwisata Indonesia yang bikin termangap-mangap karena saking kerennya, jari gue secara nggak sadar langsung open tab banyak-banyak buat baca artikelnya. Dari yang tadinya gue cuma tau Bali doang, seketika gue langsung punya banyak destinasi wisata, seketika gue butuh liburan.. selama enam bulan, dua kali setahun, buat muterin Indonesia, dan itupun kayaknya masih belum cukup.
Gimana? Masih nggak kangen liburan?

Saking lengkapnya, Indonesia.travel juga ngasih informasi lain, tentang iklimnya, alamat kantor imigrasi, jam operasional kantor, socket listriknya, mata uangnya, dan beberapa frasa simple untuk komunikasi sehari-hari, serta do's and don'ts buat wisatawan asing yang mau maen ke Indonesia, asik banget kan? Apalagi kontennya pake Bahasa Inggris, hampir pasti website ini menjangkau wisatawan asing sana yang pengen tau lebih tentang objek wisatanya Indonesia walau mereka nggak bisa bahasa Indonesia.
Apa kabar?

Terus terus, apa sih yang nggak ada di Indonesia? Semuanya ada. Pantai, gunung, danau, lembah, bukit, hewan-hewan tropisnya, riuh ramai pasar dan kehidupan masyarakatnya, tari-tarian dan bahasa daerahnya, musik dan lagu daerahnya, dan nggak ketinggalan.. makanan-makanan enaknya! Ini semua terangkum dalam tiap cerita yang ada di indonesia.travel. Walau, jangan berharap ada info lebih mengenai akomodasi lengkap buat tiap daerah wisatanya ya, apalagi kalo kamu adalah manusia semacam gue yang lebih dompetnya lebih ramah dengan low-budget accommodation.

Ada satu fitur yang paling gue suka, indonesia.travel punya kalender yang isinya event-event keren di berbagai daerah. Ini artinya mereka bakal ngasih info yang update banget tentang kabar-kabar dan berita kepariwisataan di Indonesia. Fitur ini keren, karena banyak banget sih orang yang gue tahu, terkenal sebagai festival-catcher. Iya, jadi mereka seneng mengunjungi daerah-daerah tertentu buat ngeliat festival yang diadakan di sana, bukan cuma melihat keindahan alamnya aja.
Event-event dari berbagai daerah, perbulannya!

Sempet nih ya, gue nggak mau buka indonesia.travel, takut kebelet liburan. Tapi tetep aja diracunin sama @indtravel yang gue follow di twitter dan page facebooknya Indonesia.Travel. Setidaknya gue buka dua socmed itu sekali dalam sehari, dan setidaknya sekali dalam sehari gue keracunan sama keindahan Indonesia.

Ada hari dimana @indtravel nggak ngetwit, tapi sekalinya ngetwit, suka banyak, dan ngeracunin timeline dengan cerita keindahan Indonesia, RT-an yang isinya link blog traveller, foto-foto keren.. Haah, gue nggak tahu harus seneng atau sedih.

Tapi yang pasti bikin gue seneng adalah  indonesia.travel ini sering ngadain quiz yang hadiahnya keren-keren banget. Kayak.. paket liburan ke Danau Toba, camcorder, trangia, backpack, kamera dan banyak lagi. Asik ya hadiahnya? Bikin makin kebelet jalan-jalan banget, kan? Karena sebaik-baiknya kamera adalah kamera yang isinya foto kita yang lagi jalan-jalan ke tiap sudut Indonesia, bukan cuma foto muka manyun doang, heuheu..

Seneng lho, ngeliat web promosi pariwisata kita udah diakomodasi dengan baik. Finally, Indonesia punya web resmi yang isinya keindahan-keindahan Indonesia yang lengkap banget dan unbeatable, serta dengan info yang terkini dan artikel yang menarik dan bikin iri. Dengan adanya web ini, semoga ya, pariwisata kita bisa makin maju. Biar Indonesia mendunia. Wonderful Indonesia.

Biar ketika gue lagi jalan-jalan asik di, lalu ada yang nanya: "Where do you come from?"
Lalu kamu menjawab: "Indonesia."
Lalu dia membalas : "Oh, Indonesia? Wonderful Indonesia~"

Categories:

0 comment:

Post a Comment