04 June 2014

Yakin Motornya Udah Mau Dibalikin?



Pentingnya transportasi dengan motor di Jogja baru terasa pas ngetrip kemaren. Jadi waktu itu kami memutuskan untuk pulang hari Sabtu, tiket sudah dibeli. Namun karena kecentilan dan masih betah di Jogja kami memutuskan nginep sehari lagi, ditambah rasanya aneh kalo jalan-jalan tapi uang yang dikeluarin belum lebih dari budget yang sudah ditentukan. Padahal pas balik bandung kerjaan tiap hari makan nasi sama tempe doang, gara-nombok, pfft.

Tiket pulang hari Sabtu sudah di tangan, dan di hari Sabtu pagi pula kami keiling mencari tiket pulang. Padahal seharusnya Sabtu, pukul setengah 2 siang kami naik kereta Pasundan untuk balik ke Bandung.

Tiket kereta menuju Bandung dan Jakarta sudah habis. Tinggal tersisa kereta, gue lupa namanya, menuju Jakarta dengan tarif 350 ribu. Sempat berpikir, apa nggak jadi nambah sehari dan tetep balik ke Bandung seperti rencana semula ya?

Kami berdua galau, sambil kelaparan. Ditambah lagi, motor sewaan udah dibalikin dan hal tersebut membuat mobilitas kami terhambat.

Dari stasiun kami berencana untuk mencari tiket travel atau bus di sekitaran Tugu, ada, tapi mahal. Untuk 1 tiket bus kami dikenai biaya 180 ribu.

Nggak ada transportasi, perut lapar, dan teriknya matahari Jogja sempat bikin gue agak bete waktu itu, tapi bete doang nggak akan membantu. Maka gue mencoba untuk nggak bete, tapi gue nggak bisa mencoba untuk nggak lapar.

Akhirnya, kami menuju Giwangan naik Trans Jogja. Kali itu waktunya udah mepet banget. Kami harus menuju Giwangan, beli tiket bus, dan balik lagi ke stasiun, untuk refund tiket kereta.

Hal terburuk yang mungkin terjadi adalah kami nggak dapat tiket bus dan juga ketinggalan kereta karena kelamaan bolak-balik Giwangan. Untungnya nggak.

Tiket bus seharga 130 ribu terbeli sudah. Selanjutnya tinggal bagaimana balik ke stasiun dengan cepat sementara itu bus Trans Jogja jalannya pelan dan agak memutar karena kami naik bus yang rutenya memutar agak jauh, pfft.

Takut nggak keburu, kami berpisah di halte, ng halte mana gue lupa. Gue tetap naik Trans Jogja, dan si kampret naik ojek ke stasiun untuk refund tiket. Kala itu gue nggak bawa hape dan nggak bawa duit, sementara itu karena keputusan untuk pisahnya baru terjadi sesaat sebelum gue masuk ke Trans Jogja, maka kami belum sepakat bakalan ketemu dimana nantinya.

Akhirnya gue naik Trans Jogja sendirian, tanpa hape dan uang sambil mikirin ini ntar gue mau kemana. Gue berhenti di halte Malioboro lalu berjalan ke Stasiun Tugu. Padahal gue nggak harus berjalan jauh ke Stasiun Tugu kalau gue berhenti di halte Mangkubumi. Ah, sudahlah.

Sampai di Stasiun Tugu, si kampret nggak ada. Gue galau. Mana sempet diikutin dan digangguin mas-mas nggak jelas. Akhirnya gue menuju Malioboro, sambil galau juga.  Gue memutuskan bakalan berjalan cuma sampe Mall Malioboro, kalau dia nggak ada, gue berencana untuk naik becak lalu ngutang sama resepsionis hotel buat bayar becak karena dompet gue dan dompet dia dibawa oleh dia.

Tapi ternyata, di tengah terik matahari dan lapar serta hausnya gue yang udah maksimal, sesosok cowok berkacamata, berbaju ungu berdiri di seberang jalan, padahal belum jauh gue berjalan dari rel kereta Malioboro. Tiba-tiba gue berasa alay, karena ketika gue melihat dia, ada bunga-bunga bermekaran dan pelangi melengkung di langit. Tadinya manyun rasanya langsung ilang capeknya, tapi lapernya tetep ada. Akhirnya gue nggak ilang. Akhirnya gue nggak jadi ngutang sama resepsionis hotel. Akhirnya gue makan gudeg dan minum Extra Joss susu dingin. Yeah~

Pesan moralnya adalah jangan gegabah ngebalikin motor sewaan kalo ada urusan yang masih mau diurus dengan cepat. Coba kalo tadi motornya nggak jadi dibalikin, pasti bisa lebih cepet ngurus tiketnya, dan nggak perlu bayar ojek 40 ribu, HAHAHA.

Oiya, namanya daerah wisata macam Jogja, mending kalo mau naek becak, ojek, atau beli apapun tanya dulu harganya dan ditawar. Kalo nggak? Ya gitu, ongkos ojek deket aja bisa dikasih 40 ribu.

Btw, ini nggak nyambung sih, tapi beneran gaes, nggak bosen gitu sampe Jogja fotonya di plang Malioboro mulu?

Kebanyakan orang berfoto di plang Malioboro atau Pasar Kembang. Sementara itu, ada yang tahu Jl. P. Mangkubumi itu kawasan apa? Hayoo~


Categories: , ,

0 comment:

Post a Comment